News
·
2 Agustus 2021 14:43
·
waktu baca 1 menit

Jenis-jenis Alat Musik Tradisional Jawa Barat Serta Cara Memainkannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Jenis-jenis Alat Musik Tradisional Jawa Barat Serta Cara Memainkannya (997382)
searchPerbesar
Alat Musik Tradisional Jawa Barat. (Foto: https://pixabay.com)
Apakah kamu tahu bahwa Indonesia memiliki berbagai alat musik tradisional yang sangat unik dan menarik? Dikutip dari buku Seni Musik Tradisi Nusantara yang ditulis oleh Ketut Wisnawa (2020: 3), Indonesia memiliki alat musik tradisional yang khas dan tersebar di beberapa daerah. Alat musik tradisional tersebut memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan satu daerah dengan daerah yang lain.
ADVERTISEMENT
Ciri khas dan keunikan alat musik tradisional dapat dilihat dari teknik/cara permainannya, penyajiannya maupun bentuk/organologi instrumen musiknya. Artikel kali ini akan membahas tentang jenis-jenis alat musik tradisional Jawa Barat serta cara memainkannya.
Jenis-jenis Alat Musik Tradisional Jawa Barat Serta Cara Memainkannya (997383)
searchPerbesar
Alat Musik Tradisional Jawa Barat. (Foto: https://pixabay.com)

Alat Musik Tradisional Jawa Barat

1. Degung
Degung merupakan salah satu gamelan yang asli hasil kreativitas masyarakat Sunda. Gamelan degung terdiri atas koromong (bonang) 13 penclon, cempres (saron panjang) 11 wilah, degung (jengglong) 6 penclon, gong, kendang, dan suling.
2. Angklung
Dikutip dari buku Siswa Seni Budaya SMA/MA Kelas 10 yang ditulis oleh Jelly Eko & Zefri Yandra (2021: 41), angklung merupakan alat musik multitonal (bernada ganda) yang terbuat dari bambu. Alat musik tradisional Jawa Barat ini dimainkan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu).
ADVERTISEMENT
3. Calung
Calung merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara memukul bilah atau ruas (tabung bambu) yang tersusun menurut titi laras (tangga nada) pentatonik.
4. Kacapi
Kacapi merupakan alat musik utama dalam Tembang Sunda yang dimainkan dengan cara dipetik. Pada kacapi terdapat sebuah kotak kayu yang di atasnya ada senar yang jika dipetik menghasilkan bunyi.
5. Rebab
Alat musik Jawa Barat lainnya adalah Rebab. Rebab merupakan alat musik gesek yang menyerupai biola dan terbuat dari bahan kayu dengan beberapa dawai sebagai penghias untuk menghasilkan irama.
Alat musik tradisional di atas lahir dan berkembang di Jawa Barat yang kemudian diwariskan secara turun-temurun. Itulah jenis-jenis alat musik tradisional Jawa Barat serta cara memainkannya. Semoga informasi ini bermanfaat! (CHL)
ADVERTISEMENT