Jenis-Jenis Motif Dekoratif pada Kerajinan dan Penjelasannya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
16 Mei 2024 17:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi motif hias dekoratif pada kerajinan. Sumber: pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi motif hias dekoratif pada kerajinan. Sumber: pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam kerajinan, ada banyak sekali motif yang digunakan untuk memperindah hasil akhir dari kerajinan tersebut. Dalam pelajaran seni, biasanya siswa akan dikenalkan jenis-jenis motif dekoratif pada kerajinan.
ADVERTISEMENT
Motif-motif tersebut memiliki bentuk yang beragam dengan ciri khasnya masing-masing. Tentu saja setiap jenis motif mempunyai filosofi yang berbeda-beda, sehingga membuat suatu kerajinan memiliki terlihat lebih istimewa.

Jenis-Jenis Motif Dekoratif pada Kerajinan

Ilustrasi motif hias dekoratif pada kerajinan. Sumber: pexels.com
Mengutip dari buku Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 3 Semester 2, Uly Amalia dan Tim Bmedia (2021:147), berikut ini adalah jenis-jenis motif dekoratif pada kerajinan yang menarik untuk diketahui.

1. Motif Geometris

Motif geometris merupakan motif hias yang polanya cenderung sederhana. Pasalnya, motif ini lebih banyak memanfaatkan unsur garis dan bentuk. Misalnya, seperti garis lengkung, segitiga, garis lurus, persegi, persegi panjang, trapesium, dan lainnya.

2. Motif Binatang

Umumnya, motif hias binatang tidak benar-benar mengikuti bentuk binatang aslinya. Akan tetapi, tetap dikreasikan kembali menjadi bentuk yang lebih indah. Meski dikreasikan, tetapi bentuk binatangnya tetap harus terlihat. Beberapa contoh binatang yang sering dijadikan motif adalah burung, gajah, kucing, singa, dan ular.
ADVERTISEMENT

3. Motif Tumbuhan

Mirip dengan motif binatang, pada motif tumbuhan juga biasanya akan dibuat kreasi yang lebih menarik. Selain itu, biasanya motif tumbuhan juga akan digabungkan dengan motif binatang dan motif geometris. Contoh motif tumbuhan adalah bunga teratai.

4. Motif Figuratif

Motif hias figuratif merupakan motif hias berbentuk manusia yang biasanya dikreasikan sesuai dengan keinginan seniman. Adapun motif manusia umumnya digunakan sebagai properti tari. Contoh motif ini bisa ditemukan pada wayang.

5. Motif Benda-Benda Alam

Tak hanya makhluk hidup, motif hias juga dapat terinspirasi dari benda alam yang bisa dikreasikan sesuai keinginan seniman yang membuatnya. Contohnya seperti pemandangan gunung, awan, dan bebatuan.

6. Motif Kreasi

Motif hias kreasi merupakan gambar yang tidak berasal dari kehidupan nyata. Jadi, gambarnya hanya sebatas hasil imajinasi manusia. Contohnya, seperti gambar naga, putri duyung, dan makhluk gaib.
ADVERTISEMENT
Jadi, itu dia berbagai jenis motif hias dekoratif pada kerajinan dan penjelasannya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat. (Anne)