Jenis-Jenis Platform Media Sosial dan Contohnya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
19 November 2023 21:43 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi jenis-jenis platform media sosiala, Sumber: Pexels/Alok Sharma
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jenis-jenis platform media sosiala, Sumber: Pexels/Alok Sharma
ADVERTISEMENT
Dalam era digital yang semakin maju, media sosial menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari, menyediakan platform bagi individu dan organisasi untuk terhubung. Adapun jenis-jenis platform media sosial yang harus diketahui.
ADVERTISEMENT
Jenis-jenis media sosial yang beragam menawarkan berbagai pengalaman dan interaksi, mencerminkan kebutuhan dan preferensi pengguna modern. Oleh karena itu, pentingnya untuk mengetahui jenis-jenis dan contoh dari media sosial.

Jenis-Jenis Platform Media Sosial

Ilustrasi jenis-jenis platform media sosiala, Sumber: Pexels/Pixabay
Mengutip dari buku Media Sosial Periklanan – Instagram, Dian Prajarini, S.T., M.Eng., (2020), bisa dikatakan media sosial adalah situs atau aplikasi online yang memungkinkan penggunaanya membuat profil, mengundang teman, menerima teman, mengikuti teman, berkomunkasi, berbagi, berkirim pesan dan berjejaring.
Inilah jenis-jenis platform media sosial dan contohnya.

1. Social Networking

Platform ini, seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn, memungkinkan pengguna untuk tetap terhubung secara online dan berbagi informasi. Facebook, sebagai contoh, tidak hanya memfasilitasi hubungan pribadi tetapi juga menciptakan peluang bisnis dan profesional.
ADVERTISEMENT

2. Media Sharing Networks

Instagram, YouTube, Snapchat, dan TikTok adalah contoh platform yang fokus pada berbagi foto dan video. Jenis ini menekankan aspek visual, memungkinkan pengguna untuk berkreasi dan membangun identitas online melalui konten visual.

3. Discussion Forums

Platform seperti Quora, Reddit, dan Kaskus menjadi wadah bagi diskusi dan pertukaran opini. Forum ini memungkinkan pengguna untuk berbagi pengetahuan, mengajukan pertanyaan, dan berinteraksi dalam lingkungan yang terbuka.

4. Social Blogging Networks

Tumblr dan Medium menyediakan ruang bagi penulis dan pembangun bisnis untuk mempublikasikan konten. Dengan fokus pada tulisan dan ide kreatif, platform ini memfasilitasi ekspresi diri dan promosi bisnis.

5. Social Audio Networks

Clubhouse dan Twitter Space merupakan contoh platform yang menekankan konten audio, seperti podcast dan diskusi langsung. jenis ini menciptakan pengalaman auditif yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan dan berpartisipasi dalam berbagai topik.
ADVERTISEMENT

6. Live Stream Social Media

Twitch dan YouTube menawarkan platform live streaming, memungkinkan pengguna untuk menyaksikan atau melakukan siaran langsung. Ini mencakup berbagai konten, mulai dari bermain game hingga live podcast, sambil memungkinkan interaksi melalui fitur live chat.

7. Review Networks

Yelp dan Glassdoor adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk memberikan ulasan tentang produk, layanan, atau pengalaman bekerja. Jenis ini menjadi sumber informasi berharga bagi konsumen dan profesional.
Itulah jenis-jenis platform media sosial beserta contoh di era modern saat ini. Dengan kemajuan teknologi, keberagaman jenis media sosial memberikan kemungkinan tidak terbatas bagi pengguna untuk terlibat, berbagi, dan membangun hubungan online. (RIZ)