Jumlah Kalori Kentang sebagai Bahan Makanan

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
20 Maret 2024 17:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kalori kentang - Sumber: pixabay.com/jameshills
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kalori kentang - Sumber: pixabay.com/jameshills
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kalori kentang adalah jumlah energi yang terkandung dalam kentang. Kalori adalah satuan yang digunakan untuk mengukur energi yang diberikan oleh makanan atau minuman saat dikonsumsi oleh tubuh.
ADVERTISEMENT
Kentang adalah sumber karbohidrat yang kaya nutrisi. Jumlah kalori pada kentang sering diukur untuk membantu orang mengelola asupan makanan mereka.

Berapa Kalori Kentang?

Ilustrasi kalori kentang - Sumber: pixabay.com/congerdesign
Kentang adalah salah satu bahan makanan yang sangat umum dan populer di seluruh dunia. Kentang merupakan sumber karbohidrat utama dalam masakan. Karbohidratnya dapat menjadi sumber energi yang penting bagi tubuh manusia.
Berdasarkan buku Cerdas Memilih Sayuran; Plus Minus 54 Jenis Sayuran, Lanny Lingga, (2010), kentang juga mengandung sejumlah nutrisi penting. Termasuk vitamin C, vitamin B6, potassium, serat, magnesium, dan antioksidan seperti flavonoid.
Dalam keadaan mentah, kentang mengandung sekitar 87 kalori per 100 gram. Namun, jumlah kalori kentang bisa sangat bervariasi untuk makanan yang sudah diolah dan matang. Jumlahnya tergantung pada cara memasaknya dan bahan tambahan yang digunakan.
ADVERTISEMENT
Berikut beberapa varian olahan kentang dengan jumlah kalorinya.

1. Kentang Rebus

2. Kentang Goreng

3. Kentang Panggang (Kulit tidak Dimakan)

Dari informasi jumlah tersebut, bisa disimpulkan bahwa kalori kentang tidak terlalu besar. Apalagi bila dikonsumsi tanpa adanya proses penggorengan. Itulah sebabnya kentang dapat digunakan sebagai pengganti karbohidrat lain seperti nasi atau pasta. (DNR)
ADVERTISEMENT