Konten dari Pengguna

Kumpulan Judul Cerita Dongeng Sebelum Tidur dan Sinopsisnya

Berita Terkini
Penulis kumparan
13 Januari 2023 19:50 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Kumpulan Judul Cerita Dongeng Sebelum Tidur, Foto Unsplash Cederic Vandenberghe
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kumpulan Judul Cerita Dongeng Sebelum Tidur, Foto Unsplash Cederic Vandenberghe
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dongeng adalah salah satu cerita yang disukai oleh anak-anak. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti dongeng dapat membantu anak dalam berimajinasi. Meskipun dongeng bukanlah hal yang nyata, namun dongeng mampu memberikan pelajaran yang baik bagi si kecil.
ADVERTISEMENT
Dongeng pun sering dibacakan kepada anak-anak sebelum tidur, terutama anak-anak di luar negeri. Meskipun mungkin menceritakan dongeng sebelum tidur masih awam di sini, namun Anda bisa memulainya dengan memilih salah satu judul cerita dongeng sebelum tidur di bawah ini.

Mengenal Dongeng

Sebelum ke judul cerita dongeng sebelum tidur, mari kita kenali dongeng itu sendiri beserta beragam manfaatnya bagi si kecil.
Mengutip buku Bahasa Indonesia SD 2 oleh Lisa Septia Dewi Br. Ginting, S.Pd., M.Pd (2020:83), dongeng adalah cerita prosa rakyat yang tidak dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita dan dongeng tidak terikat oleh waktu maupun tempat.
Lantas, apa saja manfaat dongeng bagi si kecil? Ini di antaranya:
ADVERTISEMENT
Ilustrasi Kumpulan Judul Cerita Dongeng Sebelum Tidur, Foto Unsplash Liana Mikah

Kumpulan Judul Dongeng

Berikut berbagai judul dongeng anak yang bisa Anda ceritakan sebelum tidur:

1. Malin Kundang

Malin Kundang menceritakan tentang seorang pemuda yang miskin lalu menjadi kaya raya namun tidak mau mengakui ibunya. Ibunya pun sakit hati dan mengutuknya menjadi batu.

2. Mulan

Mulan adalah seorang gadis yang rela berpura-pura menjadi laki-laki untuk menggantikan ayahnya sebagai prajurit perang. Ternyata, dia mampu menjadi prajurit yang tangguh meskipun dia perempuan.

3. Bawang Merah Bawang Putih

Bawang Putih adalah seorang gadis yang baik hatinamun sering disia-siakan oleh saudara tirinya, Bawang Merah. Namun akhirnya Bawang Putih memperoleh kebahagiaan.
ADVERTISEMENT

4. Rapunzel

Rapunzel adalah seorang putri kerajaan yang diculik dan dikurung di menara oleh wanita yang jahat. Ia pun berhasil kabur dari menara tersebut dan kembali ke keluarganya.

5. Kancil dan Buaya

Kancil adalah seekor hewan cerdik yang berhasil mengelabui buaya yang ingin memakannya agar bisa menyeberangi sungai.
Itulah beragam judul cerita dongeng yang bisa Anda berikan kepada si kecil sebelum tidur. Selain dongeng-dongeng di atas, masih banyak dongeng lain yang tak kalah menarik. (LOV)