Kunci Jawaban Teka-Teki Silang Soal Klasifikasi Bidang Ilmu

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
16 Maret 2023 17:03 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kunci Jawaban Teka-Teki Silang Soal Klasifikasi Bidang Ilmu, Foto: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Kunci Jawaban Teka-Teki Silang Soal Klasifikasi Bidang Ilmu, Foto: Unsplash.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Teka-teki silang kini sedang menjadi sebuah permainan mengasah otak yang banyak dimainkan orang. Apalagi setiap level memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Seperti soal mengenai klasifikasi bidang ilmu. Apakah Anda mengetahui jawabannya?
ADVERTISEMENT
Klasifikasi bidang ilmu adalah pengelompokan atau pembagian bidang-bidang ilmu berdasarkan topik, fokus, dan metodologi yang berbeda. Tujuannya adalah untuk memudahkan dan memperjelas pemahaman mengenai berbagai bidang ilmu yang ada, serta membantu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan di bidang tertentu.
Beberapa contoh bidang ilmu yang tergolong dalam klasifikasi bidang ilmu meliputi biologi, kimia, fisika, matematika, astronomi, geologi, sosiologi, psikologi, antropologi, dan arkeologi.
Lalu apa jawaban dari soal teka-teki silang tersebut? Ketahui kunci jawaban teka-teki silang soal klasifikasi bidang ilmu di ulasan berikut ini.

Kunci Jawaban Teka-Teki Silang Soal Klasifikasi Bidang Ilmu

Kunci Jawaban Teka-Teki Silang Soal Klasifikasi Bidang Ilmu, Foto: Unsplash.
Klasifikasi bidang ilmu juga dapat membantu dalam pemberian sumber daya dan dana penelitian, serta pembagian pekerjaan dan tugas di antara para ilmuwan, peneliti, dan praktisi yang terkait.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Taksonomi dalam Perspektif Filsafat Ilmu karya Ferdinand Susilo (2021: 7), ilmu secara harfiah berasal dari bahasa Latin scire yang artinya mengetahui. Dalam mempelajari sebuah ilmu maka ada klasifikasi bidang ilmunya sendiri. Kasifikasi bidang ilmu ini disebut dengan “Taksonomi”.
Taksonomi memang dikenal di bidang ilmu biologi. Taksonomi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang pengelompokan dan klasifikasi makhluk hidup berdasarkan karakteristik atau ciri-ciri yang dimilikinya.
Tujuannya adalah untuk menyusun suatu sistem atau tata nama yang baku untuk memberikan identitas, informasi, serta mempermudah pengelompokan dan penelitian terhadap berbagai jenis organisme yang ada di dunia ini.
Taksonomi dapat membantu dalam memahami hubungan antara organisme-organisme yang berbeda serta memudahkan dalam memberikan identifikasi, klasifikasi, serta mempermudah dalam pemilihan metode pengelolaan dan konservasi alam.
ADVERTISEMENT
Pada dasarnya, taksonomi mengklasifikasikan organisme ke dalam beberapa tingkat takson, seperti kingdom, filum, kelas, ordo, famili, genus, dan spesies, yang setiap tingkat tersebut memiliki ciri-ciri yang berbeda.
Contoh penerapan taksonomi adalah pada klasifikasi hewan seperti memisahkan mamalia dari reptil, atau pada klasifikasi tumbuhan seperti membedakan tumbuhan berbunga dengan tumbuhan paku.
Dalam hal ini taksonomi berperan penting sebagai dasar dalam ilmu taksonomi yang dapat membantu dalam pemahaman dan penelitian mengenai keanekaragaman hayati.
Dapat disimpulkan bahwa kunci jawaban teka-teki silang klasifikasi bidang ilmu adalah taksonomi. Anda bisa mengisi kotak kosong yang tersedia dengan jawaban tersebut. Mudah dan menyenangkan bukan bermain teka-teki silang? (Umi)