Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 5: Kerja Sama Negara ASEAN

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
27 September 2023 21:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 5 - Sumber: pixabay.com/nguyenthuantien
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 5 - Sumber: pixabay.com/nguyenthuantien
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 5 membahas tentang kerja sama antarnegara-negara ASEAN. Kunci jawaban tersebut dapat digunakan oleh siswa untuk mencocokkan jawaban mereka. Jadi sebaiknya mereka lebih dulu menjawab soal secara mandiri.
ADVERTISEMENT
Dengan menjawab soal dan memeriksa jawaban mereka dengan kunci jawaban, siswa dapat melihat dengan jelas di bagian mana mereka menguasai materi dengan baik. Termasuk juga di bagian mana mereka masih perlu memperbaiki pemahamannya.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 5

Ilustrasi kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 5 - Sumber: pexels.com/@max-fischer/
Berdasarkan buku Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 6 Semester 1, Desi Damayanti dkk, (2021), siswa kelas 6 dikenalkan pada ASEAN dan berbagai bentuk kerja samanya. Salah satunya termasuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara anggota ASEAN lainnya.
Indonesia adalah salah satu negara pendiri dan anggota terbesar ASEAN. Indonesia sangat aktif berpartisipasi dalam berbagai program kerja sama ASEAN. Kerja sama tersebut penting dalam menciptakan stabilitas, perdamaian, dan perkembangan ekonomi di Asia Tenggara.
ADVERTISEMENT
Berikut adalah kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 5 dengan topik tema "Kerja sama Indonesia dengan Negara-Negara di Asia Tenggara di Bidang Sosial Budaya di Masa Globalisasi".

Kunci Jawaban

1. Bidang Sosial
Indonesia mengirimkan bantuan kemanusian kepada negara-negara yang dilanda bencana alam atau konflik.
Contoh: Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban topan haiyan di filipina. Selain itu, Indonesia juga memberikan bantuan untuk para pengungsi di Rakhine State di Myanmar.
2. Bidang Budaya
Indonesia turut berperan aktif dalam kegiatan kebudayaan Asean. Misalnya, dengan mengirimkan tim kesenian untuk mengikuti dan mempromosikan kesenian dan budaya Indonesia ke berbagai negara di dunia.
Contoh lainnya adalah mengundang seniman dari negara tetangga untuk mengadakan pentas seni di Indonesia. Termasuk juga dengan menyelenggarakan berbagai festival dan pekan film, serta festival seni untuk seluruh negara anggota ASEAN.
ADVERTISEMENT
Kerja sama Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya merupakan faktor penting dalam memajukan kawasan Asia Tenggara. Ini mencerminkan solidaritas yang mendorong pertumbuhan ekonomi, stabilitas politik, dan pembangunan yang berkelanjutan.
Itu tadi pembahasan kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 5 tentang kerja sama antarnegara-negara ASEAN. Mengerjakan latihan soal dengan kunci jawaban adalah salah satu metode efektif dalam proses pembelajaran siswa untuk lebih memahami materi. (DNR)