Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 133 Lengkap

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
11 Februari 2023 17:36 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 133 Lengkap (Foto: Annie Spratt | Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 133 Lengkap (Foto: Annie Spratt | Unsplash.com)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Para pahlawan berjuang dengan mengorbankan jiwa dan raganya demi meraih kemerdekaan Indonesia. Sangat penting bagi semua masyarakat Indonesia untuk mengetahui sejarah bangsa. Materi ini juga sudah diajarkan sejak tingkat SD seperti pada kunci jawaban tema 7 kelas 5 halaman 133.
ADVERTISEMENT
Siswa sudah diajarkan materi ini di sekolah oleh gurunya dan guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah agar siswa lebih memahami materi ini. Orang tua bisa menggunakan kunci jawaban untuk panduan ketika memeriksa tugas anak.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 133

Ilustrasi Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 133 (Foto: Anggit Rizkianto | Unsplash.com)
Pada tema 7 kelas 5 halaman 133, siswa akan diberikan beberapa pertanyaan mengenai sejarah kemerdekaan Indonesia. Orang tua bisa membantu dengan menjelaskan kembali apa yang sudah dipelajari oleh anak. Anak tetap harus mengerjakan tugasnya sendiri.
Berikut ini soal dan kunci jawaban tema 7 kelas 5 halaman 133:
Cari tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
ADVERTISEMENT
Jawaban:
1. Karena banyak negara lain yang tidak setuju dengan kemerdekaan Indonesia. Pihak dan negara tersebut antara lain adalah Sekutu, terutama Belanda dan Inggris. Belanda ingin kembali menjajah di Indonesia dan Inggris telah berjanji membantu Belanda mengembalikan bekas jajahan Belanda (Indonesia).
Tentara Jepang juga masih banyak yang tersisa di Indonesia dan belum mengetahui jika Jepang telah kalah perang dan menyerah kepada Sekutu, juga belum mengetahui bahwa Indonesia sudah merdeka.
2. Perjuangan fisik adalah perjuangan dengan cara kekerasan atau dengan mengangkat senjata. Sedangkan perjuangan diplomasi adalah perjuangan yang dilakukan dengan melakukan perundingan.
ADVERTISEMENT
3. Dikutip dari Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 5 Semester 2 oleh Janah (2021), Pertempuran 10 November di Surabaya dipimpin oleh Gubernur Suryo dan Bung Tomo. Pertempuran ini dipicu oleh bentrokan para pejuang dengan pasukan Sekutu yang menewaskan Brigjen A.W.S. Mallaby.
4. Perjanjian Roem-Royen diadakan pada 17 April 1949 di Jakarta. Wakil dari Indonesia adalah Moh. Roem dan dari Belanda adalah van Royen. Isinya adalah:
5. Agresi Militer Belanda yaitu serangan yang dilakukan oleh Belanda untuk merebut kemerdekaan Indonesia. Agresi Militer Belanda I pada tanggal 21 Juli 1947. Agresi Militer Belanda II pada tanggal 19 Desember 1948.
ADVERTISEMENT
Sekian kunci jawaban tema 7 kelas 5 halaman 133. Semoga bermanfaat. (KRIS)