Kunci Jawaban TTS: Kekayaan yang Tidak Berwujud secara Nyata seperti Hak Paten

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
8 Mei 2023 19:28 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kekayaan yang tidak berwujud secara nyata seperti hak paten. Sumber: Pixabay/pexels.com.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kekayaan yang tidak berwujud secara nyata seperti hak paten. Sumber: Pixabay/pexels.com.
ADVERTISEMENT
Kekayaan yang tidak berwujud secara nyata seperti hak paten merupakan materi yang dibahasa dalam akuntansi atau perpajakan. Sebagai pertanyaan TTS, pemain harus membuka buka dulu untuk menemukan kunci jawabannya.
ADVERTISEMENT
Dalam akuntansi atau perpajakan banyak istilah yang memiliki definisi panjang. Karena bidang tersebut menyangkut harta dan hak masyarakat, maka definisi tersebut memang harus terperinci dan spesifik.

Jawaban TTS: Kekayaan yang Tidak Berwujud Secara Nyata Seperti Hak Paten

Ilustrasi kekayaan yang tidak berwujud secara nyata seperti hak paten. Sumber: MikhailNilov/pexels.com.
Masyarakat memiliki berbagai jenis kekayaan yang harus diatur pengertiannya agar tidak tumpang tindih. Beberapa pengertian itu merupakan urat nadi operasional perusahaan. Karena itu, definisi yang digunakan harus berasal dari pihak yang paling kompeten.

1. Kunci Jawaban TTS

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DKJI) mengartikan paten adalah hak eksklusif inventor atas invensi di bidang teknologi untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakan invensinya.
Hak paten sering disebut sebagai hak atas kekayaan intelektual. Hak paten merupakan bagian dari aktiva, yaitu aktiva tetap tak berwujud. Dengan demikian kunci jawaban TTS untuk kekayaan yang tidak berwujud secara nyata seperti hak paten adalah aktiva.
ADVERTISEMENT
Agar kaitan antara hak paten dan aktiva jelas, maka harus dijelaskan melalui pengertian aktiva yang sering muncul dalam laporan keuangan perusahaan.

2. Pengertian dari Kunci Jawaban TTS

Dikutip dari Matematika Keuangan, Nughthoh Arfawi Kurdhi dan kawan-kawan (2023:65), aktiva adalah sumber daya ekonomi yang dikuasai perusahaan berupa harta maupun hak-hak yang dimiliki berdasarkan kekuatan hukum.
Aktiva sendiri ada 2 macam, yaitu:
Aktiva tetap masih dibagi lagi menjadi 2 kategori, yaitu:
ADVERTISEMENT
Demikianlah adalah ulasan dari kunci jawaban TTS tentang kekayaan yang tidak berwujud secara nyata seperti hak paten agar permainan bisa diselesaikan. (LUS)