Latar Belakang untuk Tema Karya Tulis Perlindungan terhadap Perokok Pasif

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
5 Maret 2023 17:02 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi artikel tentang tema karya tulis perlindungan terhadap perokok pasif. Sumber: Unsplash.com/Luke Southern
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi artikel tentang tema karya tulis perlindungan terhadap perokok pasif. Sumber: Unsplash.com/Luke Southern
ADVERTISEMENT
Bagaimana latar belakang yang tepat untuk tema karya tulis perlindungan terhadap perokok pasif? Untuk mengetahui latar belakang yang tepat untuk tema karya tulis tersebut, kita perlu memiliki pemahaman tentang cara menyusun latar belakang.
ADVERTISEMENT
Mari membaca artikel ini hingga tuntas untuk mendapatkan informasi yang utuh. Yuk, semangat untuk menyelesaikan karya tulis!

Kiat Membuat Latar Belakang untuk Karya Tulis

Ilustrasi Menyimak Cara Membuat Karya Tulis. Sumber: Unsplash.com/KOBU Agency
Latar belakang kerap menjadi “PR” bagi para penulis karya tulis. Pasalnya, latar belakang menuntut penulis untuk menjelaskan hal-hal yang melatarbelakangi penulisan.
Padahal membuat latar belakang itu mudah, lho! Kita sebagai penulis atau peneliti harus dapat memposisikan diri sebagai pembaca. Ketika kita membaca latar belakang karya tulis, apa yang kita inginkan?
Hal-hal yang ingin pembaca ketahui itulah yang perlu dimuat dalam latar belakang. Rahim (2020: 18) dalam bukunya yang berjudul Cara Praktis Penulisan Karya Ilmiah mengungkapkan,
ADVERTISEMENT
Lantas bagaimana cara membuat latar belakang yang baik dan benar? Suaedi dalam Efendi, dkk. (2021: 29 – 30) pada buku yang berjudul Dasar-Dasar Menulis Karya Tulis Ilmiah menjelaskan bahwa latar belakang harus mampu:
Jadi, dapat dipahami bahwa cara menuliskan latar belakang adalah memulainya dari hal yang umum menuju hal yang lebih khusus. Sederhananya, kita dapat menggunakan penulisan piramida terbalik untuk menguraikan latar belakang.

Contoh Kerangka Latar Belakang untuk Tema Karya Tulis Perlindungan terhadap Perokok Pasif

Ilustrasi Membuat Kerangka Latar Belakang. Sumber: Unsplash.com/Glenn Carstens-Peters
Setelah menyimak uraian di atas, kamu tentu telah memiliki bayangan untuk membuat latar belakang tema karya tulis perlindungan terhadap perokok pasif, bukan? Guna membantu kamu dalam memikirkan latar belakang tema karya tulis tersebut, berikut adalah contoh kerangka latar belakang yang dapat disimak.
ADVERTISEMENT
Sekian uraian tentang kerangka latar belakang karya tulis dengan tema karya tulis perlindungan terhadap perokok pasif. Semoga bermanfaat untuk memberikan masukan ide. (AA)