Macam-Macam Teknik dalam Pencak Silat, Seni Bela Diri Asal Indonesia

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
7 Februari 2024 17:25 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Jelaskan tentang Teknik dalam Pencak Silat. Sumber: Pexels/cottonbro studio
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jelaskan tentang Teknik dalam Pencak Silat. Sumber: Pexels/cottonbro studio
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Setiap seni bela diri selalu mempunyai kumpulan teknik tertentu yang menjadi ciri khasnya. Salah satu contoh adalah seni bela diri pencak silat dari Indonesia. Jelaskan tentang teknik dalam pencak silat!
ADVERTISEMENT
Teknik pencak silat sangat beragam. Dua di antaranya adalah serangan tangan dan tendangan. Dua teknik tersebut terdiri dari beberapa jenis. Contohnya, teknik tendangan yang terdiri dari tendangan lurus, tusuk, jejag, T, dan celorong.

Jelaskan tentang Teknik dalam Pencak Silat!

Ilustrasi Jelaskan tentang Teknik dalam Pencak Silat. Sumber: Pexels/Hebert Santos
Pencak silat merupakan seni bela diri asal Indonesia. Pengakuan pencak silat sebagai tradisi Indonesia bahkan sudah mendapat ketetapan dari UNESCO (United National Educational, Scientific, and Cultural Organization).
UNESCO menetapkan tradisi pencak silat sebagai warisan budaya tak benda pada sidang ke-14 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage tahun 2019. Pencak silat sebagai seni bela diri tentu memiliki teknik tersendiri.
Jelaskan tentang teknik dalam pencak silat! Jika ingin mempelajari teknik pencak silat secara utuh, tidak cukup dalam hitungan menit. Proses mempelajari teknik pencak silat sangat panjang karena seni bela diri tersebut terdiri dari banyak teknik.
ADVERTISEMENT
Walaupun demikian, seseorang tetap dapat mempelajarinya dengan cara bertahap. Contohnya adalah mempelajari dua teknik terlebih dahulu, yakni serangan tangan dan tendangan.

A. Teknik Serangan Tangan

Serangan tangan merupakan teknik dasar pencak silat yang memberi serangan dengan menggunakan tangan. Teknik serangan tangan terdiri dari beberapa jenis. Empat di antaranya adalah pukulan, tebasan, tebasan dengan dua tangan, dan tebangan.
Dikutip dari buku Pencak Silat, Candra (2021: 24 – 26), berikut adalah penjelasan tentang pukulan, tebasan, tebasan dengan dua tangan, dan tebangan dalam pencak silat.
ADVERTISEMENT

B. Teknik Tendangan

Serupa dengan teknik serangan tangan, teknik tendangan dalam pencak silat pun terdiri dari beberapa jenis. Dikutip dari buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk Kelas VII, Nenggala (2006: 124 – 125), berikut adalah jenis-jenis teknik tendangan.
ADVERTISEMENT
Jadi, instruksi jelaskan tentang teknik dalam pencak silat dapat dijawab dengan menguraikan teknik serangan tangan dan tendangan. Selain dua teknik tersebut, instruksi tentang teknik pencak silat juga dapat dijawab dengan uraian teknik lain, misalnya tangkisan. (AA)