Memahami Makna Akhlak Menurut Imam Al Ghazali

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
19 Desember 2022 19:29 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi akhlak menurut Imam Al-Ghazali. Foto: Liv Bruce
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi akhlak menurut Imam Al-Ghazali. Foto: Liv Bruce
ADVERTISEMENT
Akhlak merupakan salah satu baik buruknya kepribadian seorang Muslim. Ulama banyak menjelaskan tentang akhlak, salah satunya adalah Imam Al Ghazali. Lantas, bagaimanakah akhlak menurut Imam Al-Ghazali?
ADVERTISEMENT

Memahami Makna Akhlak Menurut Imam Al Ghazali

Ilustrasi perilaku akhlak umat Islam. Foto: Unsplash/Bayu Prayuda
Akhlak merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab, yakni al-khuluq. Dari akar kata al-khulq terbentuk kosa kata al-akhlaq, al-khaliq dan almakhluk. Al-Akhlaq merupakan dorongan dalam jiwa seseorang untuk mereka perbuat (baik atau buruk) sebelum dapat berpikir logis dan emosional. Tindakan yang menjadi kebiasaan dan dengan demikian menjadi kepribadian.
Dikutip dari skripsi berjudul Akhlak Menurut Al-Ghazali (1059 M – 1111 M) dan Ibnu Miskawai (932 M – 1030 M) oleh Surya Rizki RSP (2021: 25), menurut Imam Al-Ghazali, akhlak ialah kondisi pikiran yang tetap (hay'a fin Rashika), bukan pengetahuan tentang baik dan buruk (ma'fira).
ADVERTISEMENT
Akhlak mengacu pada kemampuan mental yang dengan mudah menghasilkan tindakan atau praktik tanpa pemikiran atau faktor tertentu. Jika stabilitas semacam itu melahirkan perbuatan baik itu disebut akhlak terpuji. Perilaku menjijikkan yang dihasilkan pada kondisi stabilitas mental disebut akhlak yang buruk.
Pengertian akhlak menurut Imam Al-Ghazali mengacu pada keadaan akal manusia (ash-syuratu'l-batine), akhlak harus memiliki keadaan batin yang baik. Ada empat bagian (kekuatan) dalam pikiran manusia, termasuk jiwa, dan pada orang yang berbudi pekerti yang baik, semua kemampuan ini tetap baik, dan selaras satu sama lain.

Jenis-Jenis Akhlak

Berdasarkan sifatnya, akhlak dapat dibagi menjadi dua kelompok, yakni:
Al-Akhlak Al-Mahmudah
Al-Akhlak al-Mahmudah secara bahasa memiliki arti menghilangkan adat kebiasaan yang tercela yang sudah digariskan dalam agama Islam serta menjauhkan diri dari perbuatan tercela, kemudian membiasakan diri hingga melakukan dengan mencintainya. Dengan kata lain, al-Akhlak al-Mahmudah adalah perilaku sesuai dengan Al-Quran dan sunnah.
ADVERTISEMENT
Terdapat banyak sekali jenis akhlak yang harus dilaksanakan setiap umat Islam, di antaranya:
Al-Akhlak Al-Madzmumah
Al-Akhlak al-Madzmumah adalah perbuatan yang tidak sejalan dengan ajaran agama Islam atau disebut dengan akhlak tercela. Akhlak yang satu ini harus dijauhi setiap umat Islam agar tidak mendatangkan kemudharatan bagi diri sendiri maupun orang lain.
Demikianlah penjelasan singkat tentang makna akhlak menurut Imam Al-Ghazali. Semoga penjelasan singkat di atas dapat menambah wawasan serta menambah semangat dalam menjalankan segala yang diperintahkan dan menjauhi larangan dalam syariat agama Islam.(MZM)
ADVERTISEMENT