Memahami Peranan Jamur di dalam Ekosistem dan Penjelasan Kingdom Fungi

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
30 Agustus 2023 18:17 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi peranan jamur di dalam ekosistem. Foto: Unsplash/PICSAR
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi peranan jamur di dalam ekosistem. Foto: Unsplash/PICSAR
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Setiap organisme yang ada di bumi memiliki peranan yang penting bagi kehidupan, termasuk juga jamur. Meskipun sering dianggap sepele, ternyata peranan jamur di dalam ekosistem sangatlah besar.
ADVERTISEMENT
Namun, sebelum menjelaskan lebih lanjut, tentu perlu mengetahui kingdom yang bernama fungi ini. Dengan begitu, pembaca dapat lebih mudah memahami peranan jamur untuk kehidupan di bumi.

Kingdom Fungi

Ilustrasi kingdom fungi. Foto: Unsplash/Jesse Bauer
Kingdom merupakan peringkat taksonomi yang terdiri dari lima klasifikasi, salah satunya adalah fungi.
Dikutip dari buku Teori dan Aplikasi Biologi Umum, Ira Nurmawati, dkk (2022), Kingdom Fungi atau jamur adalah organisme eukariotik yang hidup pada tempat-tempat yang lembap, air tawar, tempat yang asam, sedikit yang hidup di perairan laut, dan ada pula yang bersimbiosis dengan Algae hingga membentuk lumut kerak (lichenes).
Ciri-ciri dari fungi yakni:
ADVERTISEMENT

Peranan Jamur di dalam Ekosistem

Ilustrasi peranan jamur di dalam ekosistem. Foto: Unsplash/Jesse Bauer
Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan Kingdom Fungi, lalu apa manfaatnya untuk ekosistem?
Ternyata, jamur sangat berperan dalam kelangsungan hidup manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme lainnya. Hal ini karena jamur merupakan organisme pertama dalam menguraikan bahan organik sisa-sisa tumbuhan maupun hewan.
Peranan jamur di dalam ekosistem adalah sebagai dekomposer. Hifa jamur memiliki kemampuan untuk menembus jaringan hewan dan tumbuhan yang sudah mati dan kemudian mengeluarkan enzim untuk menguraikan tubuh hewan atau tumbuhan menjadi zat anorganik.
Jamur juga dapat beradaptasi sebagai pengurai bahan organik. Bahkan, hampir seluruh substrat yang mengandung karbon dapat dikonsumsi jamur yang kemudian diuraikan.
ADVERTISEMENT
Ternyata, peranan jamur di dalam ekosistem sangatlah krusial. Jamur dapat bertumbuh dan berkembang untuk dikonsumsi serta menjadi dekomposter atau pengurai. (MZM)