Konten dari Pengguna

Mengapa Komputer Terus Berkembang? Ini Dia Penjelasannya

Berita Terkini
Penulis kumparan
19 Oktober 2023 20:28 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mengapa komputer terus berkembang. Foto: Unsplash/Christin Hume
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengapa komputer terus berkembang. Foto: Unsplash/Christin Hume
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Komputer merupakan salah satu barang yang hampir tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, teknologi komputer berkembang pesat. Hal inilah yang membuat banyak orang bertanya, mengapa komputer terus berkembang?
ADVERTISEMENT
Di sisi lainnya, ukuran dari komputer dari waktu ke waktu terus mengecil dengan kecepatan yang besar. Jadi, komputer sangatlah memudahkan manusia dalam berbagai aktivitas.

Perkembangan Komputer

Ilustrasi perkembangan komputer dari generasi ke generasi. Foto: Unsplash/Museums Victoria
Sebelum ke penjelasan lebih lanjut, sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi perlu diketahui terlebih dahulu.
Dikutip dari buku Teknologi Informasi Dan Komunikasi SMP/MTs Kelas VII oleh Sunarto, S.Kom., M.Pd. (2010), sejarah perkembangan komputer yakni.

1. Komputer Generasi Pertama

Komputer generasi pertama dikembangkan dengan karakteristik bahwa komputer tersebut dibuat untuk melakukan pekerjaan tertentu yang spesifik. Komputer ini masih sulit diprogram dan memiliki kecepatan yang dibatasi.
Pada tahun 1946, pemerintah Amerika Serikat bekerja sama dengan University of Pennsylvania berhasil mengembangkan komputer ENIAC untuk tujuan serbaguna (general purpose computer).
Komputer ENIAC dirancang Oleh John Presper Eckert (1919-1995) bersama dengan John W. Mauchly (1907-1980). ENIAC terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder.
ADVERTISEMENT
ENIAC menjadi mesin yang sangat besar, namun mempunyai kinerja yang lebih cepat 1000 kali lipat dibandingkan dengan pendahulunya, Mark I.
Konsep desain tersebut kemudian digunakan oleh Von Neumann untuk merancang sebuah komputer yang disebut Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC). Komputer tersebut dilengkapi dengan memori yang dapat menampung program dan data.

2. Komputer Generasi Kedua

Pada tahun 1948, seorang fisikawan asal Amerika yang bekerja di Bell Telephone Laboratories, Walter Houser Brattain, John Bardeen, dan William Bradford Shockley berhasil menemukan transistor.
Penggunaan transistor menggantikan tabung vakum membawa perubahan besar pada ukuran dan konsumsi daya komputer.
Komputer pertama yang memanfaatkan teknologi transistor dan memori inti magnetik adalah superkomputer Stretch yang dibuat oleh IBM. Kemudian Sperry-Rand membuat superkomputer LARC.
ADVERTISEMENT
Komputer-komputer tersebut digunakan di laboratorium energi atom untuk menangani data-data penelitian.

3. Komputer Generasi Ketiga

Pada komputer generasi ketiga, transistor menggantikan tabung vakum memberikan kontribusi penting dalam perkembangan komputer.
Namun transistor memiliki kelemahan, yaitu menghasilkan panas yang cukup besar dan berpotensi merusak bagian komputer lainnya.
Pada tahun 1958, Jack Kilby, seorang insinyur elektro Amerika menemukan sirkuit terintegrasi atau IC (Integrated Circuit). IC dibuat dengan cara mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.
Dari chip tersebut, komponen komputer semakin mengecil dengan efisiensi tinggi.

4. Komputer Generasi Keempat

Setelah ditemukan chip, perkembangan komputer semakin cepat. Para ilmuwan kemudian berhasil menyusun chip-chip dalam sebuah sirkuit dan menciptakan mikroprosesor.
Selain perkembangan kecepatan mikroprosesor, perkembangan komputer generasi ini juga ditandai dengan penggunaan komputer untuk mengontrol peralatan-peralatan lain. Mikroprosesor kemudian ditambahkan pada peralatan-peralatan AC dan lemari pendingin.
ADVERTISEMENT

5. Komputer Generasi Kelima

Komputer generasi kelima memiliki bentuk yang semakin kecil hingga di bagian perangkat lunak sudah disesuaikan dengan kebutuhan manusia. Contohnya seperti gawai pintar, jam pintar, dan lainnya.

Mengapa Komputer Terus Berkembang?

Ilustrasi mengapa komputer terus berkembang. Foto: Unsplash/Daniel Eliashevskyi
Lalu, mengapa komputer terus berkembang? Komputer terus berkembang karena ilmu pengetahuan yang berkembang.
Ketika ilmu pengetahuan berkembang, inovasi-inovasi pun bermunculan. Kemudian, tentu saja, karena terdapat peran pebisnis yang mau menginvestasikan uangnya pada teknologi ini.
Dengan begitu, komputer berkembang agar bisa menjalankan tugas manusia yang semakin banyak dan rumit. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan manusia yang semakin banyak di berbagai bidang kehidupan.
Itulah penjelasan singkat tentang mengapa komputer terus berkembang. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan menambah wawasan tentang teknologi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari ini.(MZM)
ADVERTISEMENT