Mengapa Tanggal 1 Juni Diperingati sebagai Hari Kelahiran Pancasila?

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
3 September 2023 19:30 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Mengapa Tanggal 1 Juni Diperingati sebagai Hari Kelahiran Pancasila. Sumber: Pexels/Thirdman
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Mengapa Tanggal 1 Juni Diperingati sebagai Hari Kelahiran Pancasila. Sumber: Pexels/Thirdman
ADVERTISEMENT
Mengapa tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Kelahiran Pancasila? Pertanyaan tersebut bisa saja melintas dalam benak setiap orang, terutama dalam benak orang-orang yang memiliki rasa ingin tahu tinggi tentang sejarah Indonesia.
ADVERTISEMENT
Hal di atas disebabkan setiap hari besar nasional di Indonesia selalu memiliki sejarahnya masing-masing. Terlebih lagi, Pancasila merupakan unsur penting bagi bangsa Indonesia sebab Pancasila adalah dasar negara.

Alasan Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Kelahiran Pancasila

Ilustrasi Mengapa Tanggal 1 Juni Diperingati sebagai Hari Kelahiran Pancasila. Sumber: Pexels/Thirdman
Jawaban singkat dari pertanyaan mengapa tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Kelahiran Pancasila adalah merujuk pada momen sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).
Organisasi tersebut melaksanakan sidang untuk merumuskan dasar negara Indonesia pada 29 Mei sampai dengan 1 Juni 1945. Pada tanggal tersebut, Muh. Yamin, Prof. Soepomo, dan Ir. Soekarno menyampaikan pendapat tentang dasar negara.
Ir. Soekarno mengutarakan konsep Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia hingga saat ini dalam pidatonya berjudul “Lahirnya Pancasila”. Pidato ini disampaikan di sidang BPUPKI kedua.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan kondisi itu, tanggal 1 Juni pun menjadi Hari Kelahiran Pancasila. Penetapan tanggal 1 Juni sebagai Hari Kelahiran Pancasila bukan hanya berdasarkan fakta sejarah. Penetapan tersebut juga mempunyai pernyataan eksplisit yang dapat dilihat dalam penjelasan di bawah ini.

Pernyataan tentang Hari Kelahiran Pancasila

Ilustrasi Mengapa Tanggal 1 Juni Diperingati sebagai Hari Kelahiran Pancasila. Sumber: Pexels/Mikhail Nilov
Pernyataan eksplisit kelahiran Pancasila terdapat dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila. Dikutip dari buku Pendidikan Kewarganegaraan, Handoko, dkk. (2020: 24 – 25), berikut adalah empat ketetapannya.
ADVERTISEMENT
Demikian menjadi jelas bahwa jawaban dari pertanyaan mengapa tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Kelahiran Pancasila adalah karena sesuai dengan sejarah rumusan dasar negara dan Keputusan Presiden Republik Indonesia. (AA)