Mengenal Ciri dan Kegiatan Utama Manusia pada Masa Praaksara

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
16 November 2023 20:58 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tuliskan kegiatan utama manusia pada masa praaksara - Sumber: unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tuliskan kegiatan utama manusia pada masa praaksara - Sumber: unsplash.com
ADVERTISEMENT
Tuliskan kegiatan utama manusia pada masa praaksara! Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, harus diketahui dulu apa yang dimaksud masa praaksara. Barulah bisa menjelaskan apa saja ciri dan kegiatan yang dilakukan manusia pada masa itu.
ADVERTISEMENT
Secara harfiah, bisa diartikan bahwa masa praaksara adalah masa sebelum adanya tulisan. Jadi, yang akan dibahas adalah kegiatan manusia yang hidup pada saat belum mengenal tulisan.

Tuliskan Kegiatan Utama Manusia pada Masa Praaksara!

Ilustrasi tuliskan kegiatan utama manusia pada masa praaksara - Sumber: pixabay.com/alexpee07
Berdasarkan buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII untuk SMP/MTs, Waluyo, Suwardi, dkk, (2008), masa praaksara adalah periode dalam sejarah manusia yang dalam kurun waktu sebelum ditemukannya sistem tulisan atau catatan tertulis.
Bila diminta untuk tuliskan kegiatan utama manusia pada masa praaksara, jawabannya adalah sebagai berikut:

1. Berburu dan Meramu

Kegiatan utama manusia pada masa praaksara adalah berburu hewan-hewan untuk mencari makanan dan meramu sumber daya alam. Seperti buah-buahan, tumbuhan, dan bahan alam lainnya.

2. Menggunakan Api

Pada masa praaksara, manusia mulai menggunakan api untuk keperluan memasak dan pemanasan. Kemampuan mengendalikan api merupakan langkah penting dalam evolusi manusia.
ADVERTISEMENT

3. Seni Rupa di Gua

Manusia praaksara mengembangkan seni rupa dengan melukis di dalam gua-gua. Lukisan tersebut mencerminkan kehidupan sehari-hari, kepercayaan spiritual, dan dunia binatang. Contoh terkenal termasuk lukisan di Gua Lascaux di Prancis.

4. Menggunakan Alat Batu

Alat-alat batu sederhana digunakan untuk berbagai keperluan di masa lalu, seperti memotong, menghancurkan, dan membuat alat-alat lainnya. Teknologi ini menjadi landasan untuk perkembangan alat-alat lebih kompleks.

5. Bentuk Organisasi Sosial yang Sederhana

Kelompok-kelompok manusia pada masa praaksara biasanya terdiri dari keluarga atau kelompok kecil dengan struktur sosial yang sederhana. Mereka bekerja sama dalam berburu, meramu, dan melindungi diri.

Ciri-Ciri Manusia di Masa Praaksara

Ilustrasi tuliskan kegiatan utama manusia pada masa praaksara - Sumber: unsplash.com
Dari berbagai kegiatan yang disebutkan tadi, bisa dipahami beberapa ciri khusus dari manusia yang hidup di masa praaksara. Ciri-ciri tersebut adalah:
ADVERTISEMENT
Itu tadi ulasan sebagai jawaban pertanyaan tuliskan kegiatan utama manusia pada masa praaksara. Meskipun sumber daya dan pengetahuannya masih terbatas, manusia pada masa tersebut mampu beradaptasi dan bertahan hidup di lingkungan yang beragam. (DNR)