Mengenal Empat Alat Pembersih Butiran Partikel yang Mengotori Udara

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
25 Februari 2024 18:03 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Empat Alat Pembersih Butiran Partikel yang Mengotori Udara. Foto: dok. Lukas ter Poorten
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Empat Alat Pembersih Butiran Partikel yang Mengotori Udara. Foto: dok. Lukas ter Poorten
ADVERTISEMENT
Empat alat pembersih butiran partikel yang mengotori udara merupakan sederet alat pembersih yang dikenal memiliki kemampuan membersihkan butiran partikel yang mengotori udara secara efektif.
ADVERTISEMENT
Dari empat alat pembersih yang digunakan untuk membersihkan butiran partikel, terdapat salah satu alat pembersih yang umum digunakan di pabrik, yaitu pengendap elektrostatis. Selain alat tersebut, masih ada beberapa alat lainnya.

Empat Alat Pembersih Butiran Partikel yang Mengotori Udara beserta Cara Kerjanya

Ilustrasi Empat Alat Pembersih Butiran Partikel yang Mengotori Udara. Foto: dok.Onur Binay
Pencemaran udara yang disebabkan oleh polusi dari kendaraan atau bahkan limbah pabrik merupakan permasalahan serius yang perlu perhatian.
Untuk mengatasinya, terdapat beberapa alat yang digunakan. Berikut ini empat alat pembersih butiran partikel yang mengotori udara yang disajikan lengkap cara kerjanya.

1. Pengendap Elektrostatis (Electrostatic Precipitator)

Mengutip dari dalam buku berjudul IPA Terpadu Berbasis Science Technopreneurship, Sri Jumini, S. Pd., M.Pd., ‎Prof. Dr. Sutikno, S. T., M.T, ‎Prof. Dr. Edy Cahyono, M. Si (2022: 47), pengendap elektrostatis adalah alat pembersih partikel udara yang memanfaatkan prinsip induksi muatan dan gaya Coulomb.
ADVERTISEMENT
Alat ini bekerja dengan pemasangan dua logam yang bermuatan besar namun berlawanan tanda. Alat ini dipasang pada cerobong asap pabrik.
Dengan pemasangan ini, partikel yang mengotori udara atau asap yang menyebar di udara akan terinduksi. Alat ini biasa digunakan pada pabrik dengan yang mengeluarkan limbah udara.

2. Saringan Kain (Fabric Filters)

Dikutip dari dalam buku berjudul Teknologi Pengolahan Limbah Agroindustri, Sri Suhartini, ‎Irnia Nurika (2018: 124), fabric filter (saringan kain) merupakan alat pembersih partikel yang mengotori udara dengan cara penghilangan partikel dari aliran gas dengan melewatkan gas buang melalui kain khusus dengan tenunan yang rapat.
Zat partikel yang mengotori udara tersebut nantinya dikumpulkan dalam kain dengan cara pengayakan dan beberapa mekanisme lainnya. Saringan kain ini dikenal juga dengan sebutan baghouse.
ADVERTISEMENT

3. Cyclone sebagai Saringan Cartridge

Alat ini berfungsi untuk meminimalisir partikel udara kotor dengan ukuran yang lebih dari 10 mikron yang dihasilkan oleh boiler. Alat ini memiliki efisiensi yang sangat rendah.
Maka dari itu, alat ini digunakan sebelum penggunaan alat pembersih yang lebih efisien untuk membersihkan partikel yang mencemari udara.

4. Penyikat Basah (Wet Scrubbers)

Alat ini bekerja dengan menyemprotkan air serta mengendapkan partikel dari aliran gas. Alat ini berfungsi untuk menyisihkan partikel dengan ukuran kurang dari 10 mikron.
Selain dimanfaatkan untuk membersihkan udara, penyikat basah juga dapat digunakan untuk mengurangi pencemaran air. Biasanya, alat digunakan dalam pabrik kimia atau pabrik yang menghasilkan limbah kimia.
Empat alat pembersih butiran partikel yang mengotori udara yang dibahas dalam artikel ini dapat diketahui sebagai pengetahuan bermanfaat. (DAP)
ADVERTISEMENT