Food & Travel
·
2 Agustus 2021 10:22
·
waktu baca 1 menit

Mengenal Gamelan, Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Mengenal Gamelan, Alat Musik Tradisional Jawa Tengah (72343)
searchPerbesar
Ilustrasi Mengenal Gamelan, Alat Musik Tradisional Jawa Tengah. Sumber: freepik.com
Gamelan adalah seperangkat alat musik tradisional dari Jawa Tengah yang sangat terkenal. Ketenaran gamelan juga menarik minat mancanegara, ada banyak warga negara luar yang tertarik mempelajari gamelan.
ADVERTISEMENT
Tahukah kamu bahwa gamelan bahkan sudah sampai dikirim ke luar angkasa? Komposisi gamelan yang digubah oleh Pangeran Mangkunegara IV dari Surakarta yaitu Ketawang Puspawarna, turut disertakan dalam piringan emas yang dibawa wahana antariksa Voyager 1 dalam misi ke luar angkasa. Hebat bukan?
Gamelan adalah kesenian yang sangat menarik untuk dipelajari, oleh karena itu mari kita simak penjelasan berikut ini mengenai gamelan.

Mengenal Gamelan

Dalam buku Pengaruh India, Islam dan Barat Dalam Proses Pembentukan Budaya Jawa oleh Soedarsono dkk (1985: hlm 32), disebutkan gamelan Jawa mempunyai dua tangga nada yaitu slendro dengan lima tangga nada (pentatonik) dan pelog dengan tujuh tangga nada (heptatonik).
Pada umumnya gamelan dimainkan untuk mengiringi seni pertunjukan seperti tari tradisional (Beksan), Wayang Kulit, Wayang Wong, ketoprak dan lain sebagainya. Di Keraton Yogyakarta dan Surakarta, terdapat seperangkat gamelan pusaka yang dimainkan pada saat perayaan tradisional Sekaten (peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW).
ADVERTISEMENT
Gamelan juga dipertunjukkan sebagai seni gamelan tersendiri dalam pertunjukan seni karawitan. Berdasarkan buku Metoda Pendidikan Seni Karawitan Jawa Untuk Sekolah Menengah Pertama oleh R. Wiranto dkk (1987: hlm 4), seni karawitan adalah kesenian yang menggunakan suara sebagai bahan. Dalam arti khusus, karawitan adalah seni suara yang berdasarkan laras slendro atau pelog. Seni Karawitan telah dijadikan materi pelajaran muatan lokal atau ekstrakurikuler di sekolah-sekolah di Jawa Tengah dan Yogyakarta.
Mengenal Gamelan, Alat Musik Tradisional Jawa Tengah (72344)
searchPerbesar
Sumber foto: https://pixabay.com/

Alat Musik Gamelan

Menurut buku Album Alat Musik Tradisional (Bengkulu, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat) (1994: hlm 5-6), gamelan banyak terbuat dari bahan perunggu yang disertai tempat menaruh alat musik yang terbuat dari kayu yang berukir dan dicat bernama rancakan. Alat musik gamelan yang terbuat dari bahan perunggu antara lain, saron, kenong, bonang, gong dan lain sebagainya. Ada juga alat musik yang terbuat dari kayu, baik bilah dan rancakannya seperti gambang. Ada pula alat musik rebab yang dimainkan dengan cara digesek dan siter yang dimainkan dengan cara dipetik.
ADVERTISEMENT
Seperti halnya pertunjukkan ansambel musik modern yang mempunyai drum sebagai pengatur irama, gamelan juga memiliki instrumen yang berperan sebagai pengatur irama yaitu kendang. Kendang terbuat dari sebatang kayu utuh yang dilubangi di bagian tengahnya dan ditutup kulit binatang. Bisa dikatakan, gamelan adalah seperangkat alat musik tradisional yang peralatannya lengkap.
Gamelan bukan hanya sekadar sekumpulan perangkat musik tradisional. Gamelan juga memiliki posisi penting dan kedudukan yang sakral dalam Kebudayaan Jawa. Keberadaan gamelan juga menarik minat dunia. Oleh karena itu ada baiknya jika kita juga mulai ikut menjaga dan melestarikan seni gamelan.(IND)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020