Mengenal Kata Tanya yang Digunakan dalam Perumusan Masalah Karya Ilmiah

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
1 Juni 2024 17:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Ilustrasi Kata Tanya yang Digunakan Dalam Perumusan Masalah Karya Ilmiah Yaitu. Sumber: foto Unsplash/Nick Morrison
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kata Tanya yang Digunakan Dalam Perumusan Masalah Karya Ilmiah Yaitu. Sumber: foto Unsplash/Nick Morrison
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kata tanya yang digunakan dalam perumusan masalah karya ilmiah yaitu apa, mengapa, dan bagaimana. Karena kata tanya dalam rumusan masalah tersebut berguna untuk menanyakan cara, perbuatan, terjadinya sesuatu, atau perbuatan yang memerlukan penjelasan secara lengkap.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan buku Metodologi Penelitian Pendidikan Jasmani, Dr. Ruslan Abdul Gani, S.Pd., M.Pd., dkk., (2023:41), rumusan masalah adalah tulisan singkat yang berisi pertanyaan tentang topik yang diangkat oleh penulis. Sehingga, penulis berusaha mencari jawaban atas pertanyaan yang dikemukakan, lalu mendapat kesimpulan.

Kata Tanya yang Digunakan dalam Perumusan Masalah Karya Ilmiah Yaitu?

Ilustrasi Kata Tanya yang Digunakan Dalam Perumusan Masalah Karya Ilmiah Yaitu. Sumber: foto Unsplash/lilartsy
Kata tanya yang digunakan dalam perumusan masalah karya ilmiah yaitu apa, mengapa, dan bagaimana. Kata tanya yang dipakai dalam perumusan masalah karya ilmiah dipilih berdasarkan hasil yang diinginkan oleh penulis karya ilmiah.
Karya ilmiah merupakan karya tulisan yang dibuat atau disusun dengan tujuan untuk memecahkan masalahnya berdasarkan landasan teori dan metode-metode ilmiah yang ditentukan sebelumnya.
Masalah pada karya ilmiah umumnya berupa kesenjangan yang terjadi antara teori dan realita fakta.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan buku Metodologi Penelitian Pendidikan Jasmani, Dr. Ruslan Abdul Gani, S.Pd., M.Pd., dkk., (2023:41), sejumlah kata tanya yang digunakan dalam rumusan masalah adalah "mengapa" dan "bagaimana" karena membuka peluang penelitian bisa dilakukan secara mendalam. Meskipun kata tanya lain juga masih bisa digunakan untuk mengulas suatu masalah dalam penulisan.

1. Apa atau What

Kata tanya pertama yang dapat digunakan dalam perumusan masalah karya ilmiah adalah apa atau what dalam bahasa Inggris. Kata tanya ini menjelaskan tentang apa yang menjadi pembahasan inti dari masalah yang akan dibahas. Kata tanya apa atau what digunakan dalam perumusan masalah tentang inti dari masalah yang akan dimunculkan dalam penelitian.

2. Mengapa atau Why

Kata tanya mengapa atau why lebih menitikberatkan pada alasan atau alasan latar belakang dari masalah tersebut bisa muncul. Kalimat tanya ini berguna untuk mengembangkan informasi yang didapatkan atau diperoleh terkait dengan permasalahannya.
ADVERTISEMENT

3. Bagaimana atau How

Kata tanya bagaimana atau how dipakai untuk memperoleh jawaban mengenai sebuah deskripsi, cara, atau penjelasan secara terperinci tentang masalah yang dibahas dalam penelitian. Kata tanya ini juga bisa mendukung pertanyaan yang menggunakan kata tanya mengapa.
Demikianlah penjelasan dari kata tanya yang digunakan dalam perumusan masalah karya ilmiah yaitu apa, mengapa, dan bagaimana. (Adm)