Mengenal Manfaat Pelestarian Lingkungan bagi Manusia dan Alam

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
17 Maret 2023 19:55 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Mengenal Manfaat Pelestarian Lingkungan bagi Manusia dan Alam. (Foto: Nikola Jovanovic | Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Mengenal Manfaat Pelestarian Lingkungan bagi Manusia dan Alam. (Foto: Nikola Jovanovic | Unsplash.com)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Seluruh makhluk hidup di bumi bergantung dengan alam. Pasalnya alam menyediakan tempat tinggal hingga makanan untuk kelangsungan hidup manusia, hewan, dan tumbuhan. Maka dari itu, perlu adanya pelestarian lingkungan.
ADVERTISEMENT
Lingkungan sebagai tempat tinggal makhluk hidup tentunya perlu dijaga kelestariannya. Hal ini merupakan salah satu kewajiban bagi semua manusia di bumi. Lantas apa saja manfaat pelestarian lingkungan bagi manusia dan juga alam?

Mengenal Pelestarian Lingkungan

Ilustrasi Mengenal Pelestarian Lingkungan. (Foto: Guillaume De Germain | Unsplash.com)
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kehidupan makhluk hidup di bumi sangat bergantung pada alam dan lingkungan. Tanpa adanya lingkungan yang memadai, maka manusia, hewan, dan tumbuhan tidak dapat hidup dengan baik.
Maka dari itu, manusia sebagai makhluk hidup yang memiliki akal wajib melestarikan lingkungan hidup. Lalu apa sih yang dimaksud dengan pelestarian lingkungan? Pelestarian lingkungan dapat diartikan sebagai proses perlindungan lingkungan dari kerusakan dan juga kemusnahan.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku dengan judul Pelestarian Lingkungan Hidup karya Sabartiyah (2020), dalam pelestarian lingkungan hidup terdapat unsur-unsur yang berupa sumber daya hayati, sumber daya nonhayati, dan sumber daya buatan. Berikut penjelasannya.

1. Sumber Daya Alam Hayati

Sumber Daya Alam Hayati dapat diartikan sebagai seluruh organisme hidup di alam, kecuali manusia.

2. Sumber Daya Alam Nonhayati

Sementara Sumber Daya Alam Nonhayati merupakan sumber daya yang tidak hidup namun disediakan oleh alam.

3. Sumber Daya Buatan

Berbeda dengan Hayati dan Nonhayati, Sumber Daya Buatan adalah seluruh sumber daya yang ada karena pengaruh manusia.
Nah, komponen-komponen tersebut kemudian terbagi menjadi dua yakni biotik dan abiotik. Komponen abiotik adalah benda-benda mati, sedangkan biotik adalah manusia, hewan, dan juga tumbuhan.

Manfaat Pelestarian Lingkungan Bagi Manusia dan Alam

Lantas apa saja manfaat melestarikan lingkungan? Manfaat utamanya adalah untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bersih, dan nyaman untuk dihuni oleh makhluk hidup di bumi.
ADVERTISEMENT
Salah satu cara untuk melestarikan lingkungan adalah dengan melakukan reboisasi secara berkesinambungan. Jika melakukan reboisasi, maka akan ada banyak jenis tanaman yang lestari.
Selain itu, hewan-hewan juga dapat hidup dengan nyaman di hutan yang telah direboisasi. Manusia juga akan merasakan dampaknya, yaitu dapat menghirup udara yang segar.
Nah, itulah pengertian pelestarian lingkungan dan juga manfaat dari melestarikannya. Nah, agar lingkungan dapat terjaga, jangan lupa untuk selalu menjaga lingkungan di bumi. (FAR)