Mengenal PBVSI, Induk Organisasi Bola Voli Seluruh Indonesia

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
15 Mei 2024 19:21 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Induk organisasi bola voli seluruh Indonesia adalah PBVSI. Sumber: Pexels/Jim de Ramos
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Induk organisasi bola voli seluruh Indonesia adalah PBVSI. Sumber: Pexels/Jim de Ramos
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Induk organisasi bola voli seluruh Indonesia adalah PBVSI yang merupakan singkatan dari Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. Organisasi ini berdiri pada 22 Januari 1955.
ADVERTISEMENT
Dibalik terbentuknya organisasi PBVSI, ada sejarah panjang yang mengikutinya. Pertandingan voli sendiri sudah muncul pada Pekan Olahraga Nasional ke-2 pada tahun 1951. Jadi, pertandingannya sudah masuk kompetisi resmi sebelum federasinya berdiri.

Nama Induk Organisasi Bola Voli Seluruh Indonesia adalah PBVSI

Ilustrasi induk organisasi bola voli seluruh Indonesia adalah PBVSI. Sumber: Pexels/Pavel Danilyuk
Induk organisasi cabang olahraga adalah lembaga yang bertujuan untuk membina, mengembangkan, mempromosikan, dan mengatur suatu cabang olahraga. Di Indonesia terdapat banyak induk organisasi olahraga yang semuanya bergabung dalam Komite Olahraga Nasional Indonesia atau KONI.
Sebagai salah satu cabang olahraga yang populer di masyarakat setelah sepak bola dan badminton, bola voli juga berada di bawah naungan organisasi. Induk organisasi bola voli seluruh Indonesia adalah PBVSI.
Cabang olahraga bola voli di Indonesia telah melewati sejarah yang panjang. Olahraga ini telah dimainkan di Indonesia sejak masa penjajahan Hindia Belanda. Kala itu, olahraga ini masih eksklusif dan hanya dimainkan oleh serdadu Belanda dan bangsawan.
ADVERTISEMENT
Lambat laun olahraga ini pun menjadi olahraga rakyat dan dimainkan di banyak tempat. Dikutip dari website resmi PBVSI, pbvsi.or.id, pada tahun 1951, bola voli untuk pertama kalinya dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) kedua di Jakarta.
Selanjutnya, pada tahun 1954, Ikatan Perhimpunan Volleyball Soerabaia (IPVOS) dan Persatuan Volleyball Indonesia Djakarta (PERVID) mengadakan pertemuan untuk membentuk induk organisasi bola voli di Indonesia.
Pertemuan itu menghasilkan keputusan pembentukan PBVSI pada tanggal 22 Januari 1955. Ketua umum PBVSI yang pertama adalah Bapak Wim J. Latumeten.
Pada 28-39 Mei 1955 dilakukan kongres PBVSI yang pertama di Jakarta. Pada tahun itu pula PBVSI bergabung menjadi anggota perhimpunan organisasi voli internasional FIVB (Fédération Internationale de Volleyball).
ADVERTISEMENT
Saat ini, PBVSI membawahi dan mengatur kegiatan voli di Indonesia, baik voli biasa (indoor) maupun voli pantai. Kompetisi atau liga bola voli profesional Indonesia yang ada di bawah naungan PBVSI adalah Proliga. Pada tahun 2024 ini, Proliga sudah memasuki musim kompetisi yang ke-22.
Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa nama induk organisasi bola voli seluruh Indonesia adalah PBVSI. Segala sesuatu yang berhubungan dengan voli di Indonesia berada di bawah naungan organisasi ini. (SASH)