Pemain Bola Voli yang Bertugas sebagai Penyerang Utama dalam Permainan

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
6 Mei 2024 17:20 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pemain Bola Voli yang Bertugas sebagai Penyerang Utama. Sumber Unsplash/Paulo Henrique Macedo Dias
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pemain Bola Voli yang Bertugas sebagai Penyerang Utama. Sumber Unsplash/Paulo Henrique Macedo Dias
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Permainan bola voli memiliki dua bagian inti, yaitu penyerangan dan pertahanan. Pemain bola voli yang bertugas sebagai penyerang utama adalah bagian dari teknik serangan individu.
ADVERTISEMENT
Baik penyerangan maupun pertahanan merupakan usaha untuk mendapatkan kemenangan. Keduanya digunakan berdasarkan strategi yang akan dimainkan dalam permainan bola voli.

Pemain Bola Voli yang Bertugas sebagai Penyerang Utama adalah Smasher, Ini Ulasannya!

Ilustrasi Pemain Bola Voli yang Bertugas sebagai Penyerang Utama. Sumber Unsplash/Jannes Glas
Dalam permainan bola voli, terdapat serangan yang dilakukan oleh penyerang utama. Berdasarkan buku Menjadi Pemain Bola Voli Andal, Reni Sulastriani (2009:45), pemain bola voli yang bertugas sebagai penyerang utama adalah sebagai berikut.

1. Serangan Individu Utama

Serangan individu merupakan sebuah serangan yang dilakukan secara sendiri oleh seorang pemain utama di bagian depan, atau tepatnya oleh smasher.
Serangan individu juga bisa dilakukan oleh pemain di bagian belakang, ketika melakukan servis. Servis yang tajam dengan bola yang menukik dan selalu berubah-ubah, akan mengakibatkan pemain lawan sulit mengendalikan bola yang datang ke arahnya.
ADVERTISEMENT
Pada waktu seperti itu, bola akan mati, serta serangan dinyatakan berhasil dan akhirnya mendapatkan angka. Agar serangan berhasil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan servis, yaitu sebagai berikut.

2. Serangan Individu Smash

Pada saat melakukan smash, smasher harus berhati-hati dan memiliki strategi dalam melakukan pukulannya. Untuk mendapatkan pukulan yang tepat sasaran dan tidak dapat ditahan oleh pemain lawan, maka smasher dapat melakukan salah satu jenis smash.
ADVERTISEMENT
Usahakan agar bola bisa menukik atau bola bergerak memutar. Posisi bola selalu berubah, agar sulit dikendalikan oleh pemain lawan.
Selain arah datangnya bola sulit ditebak, posisi smash dan tempat menjatuhkan bola juga menjadi penentu keberhasilan penyerangan.
Pemain bola voli yang bertugas sebagai penyerang utama adalah smasher. Smasher dapat dilakukan oleh pemain di bagian depan dan belakang. (DK)