Tekno & Sains
·
22 Juli 2021 17:42
·
waktu baca 3 menit

Mengenal Sel Tumbuhan dan Fungsinya

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Mengenal Sel Tumbuhan dan Fungsinya (96107)
searchPerbesar
unsplash.com - Mengenal sel tumbuhan dan fungsinya
Seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi ini memiliki sel yang memiliki fungsinya masing-masing, termasuk sel tumbuhan dan fungsinya yang unik.
ADVERTISEMENT
Apa kalian sudah tahu bagian dari sel tumbuhan dan fungsinya? Umumnya, sel pada tumbuhan berkumpul dan membentuk sebuah jaringan. Jaringan-jaringan pada tumbuhan inilah yang memiliki peran untuk menopang kehidupan tumbuhan.

Bagian dari Sel Tumbuhan dan Fungsinya

Dalam buku Anatomi Tumbuhan, Rizki Nisfi Ramdhini, 2021, yang dimaksud dengan sel yaitu penyusun tubuh terkecil dari makhluk hidup. Kumpulan sel yang sejenis akan membentuk jaringan. Pada sel tumbuhan terdapat dinding sel dan kloroplas dimana tidak ada pada sel hewan. Sel-sel tumbuhan berfungsi untuk membentuk tubuh tumbuhan.
1. Membran sel (membran plasma)
Membran sel tersusun atas lemak (lipid), fosfor, karbohidrat, dan protein. Membran sel berfungsi untuk melindungi dan mengatur pergerakan zat yang keluar masuk sel.
ADVERTISEMENT
2. Sitosol
Sitosol merupakan cairan sel. Sitosol terdiri dari berbagai macam zat, antara ;ain protein, lemak,karohidrat, zat-zat anorganik, enzim, vitamin, dan hormon. Fungsi Sitosol adalah sebagai tempat berlangsungnya reaksi metabolisme sel karena organel sel terdapat di sitosol.
3. Nukleus (Inti Sel)
Inti sel tersusun atas membran, cairan inti (nukleoplasma), kromosom, dan anak inti (nukleolus). Cairan inti terdiri atas air, protein, dan mineral. Kromosom merupakan pembawa sifat menurun yang tersusun atas benang-benang kromatin. Fungsi Nukleus adalah untuk mengatur seluruh kegiatan sel itu sendiri.
4. Mitokondria
Mitokondria berfungsi sebagai tempat penghasil energi. Semakin aktif suatu sel maka semakin banyak mitokondrianya contohnya pada sel sperma dan sel otot.
5. Ribosom
Ribosom merupakan salah satu organel yang berukuran kecil dan padat dalam sel. Ribosom ada yang menempel pada membran retikulum endoplasma dan ada yang bebas di sitosol. Fungsi Ribosom adalah sebagai tempat membuat (mensisntesis) protein.
ADVERTISEMENT
6. Retikulum endoplasma
Retikulum endoplasma merupakan saluran berliku yang membentang dari inti sel menuju ke sitoplasma. Ada dua macam Retikulum endoplasma, yaitu retikulum endoplasma kasar dan retikulum endoplasma halus. Retikulum endoplasma berfungsi untuk membentuk dan menyalurkan bahan-bahan yang dibutuhkan oleh organel-organel sel.
7. Badan golgi
Badan golgi berbentuk seperti kumpulan kantong yang bertumpuk-tumpuk. Badan golgi berfungsi untuk memodifikasi bahan-bahan yang dihasilkan oleh retikulum endoplasma dan menyalurkan ke organel-organel yang membutuhkan.
8. Vakuola
Vakuola berarti ruangan sel yang terdapat pada tumbuhan yang sudah tua, vakuola berukuran besar dan berisi cadangan makanan. Vakuola makanan berfungsi untuk mencerna makanan sedangkan vakuola kontraktil berfungsi untuk mengeluarkan zat sisa dan mengatur keseimbangan air dalam sel.
ADVERTISEMENT
9. Kloroplas
Kloroplas merupakan organel yang hanya ada pada sel tumbuhan. Kloroplas memiliki klorofil untuk menangkap cahaya yang digunakan untuk melakukan proses fotosintesis. Pada proses fotosintesis dihasilkan karbohidrat dan oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup.
10. Leukoplas
Leukoplas adalah jenis plastida seperti kloroplas. Tapi Lrukoplas tidak memiliki pigmen warna. Leukoplas banyak terdapat di bagian tumbuhan yang tidak berwarna hijau seperti akar
11. Amiloplas
Amiloplas banyak ditemukan pada akar maupun batang. Amiloplas berfungsi menyimpan tepung hasil fotosintesis.
12. Kromoplas
Kromoplas adalah plastida yang memiliki warna selain hijau seperti jingga, kuning maupun merah. Kromoplas terdapat pada bagian tumbuhan yang berwarna seperti wortel, bunga maupun ubi.
13. Elailoplas
Elailoplas adalah jenis plastida yang berfungsi menyimpan lemak.
ADVERTISEMENT
14. Dinding sel
Membran sel tumbuhan dilindungi oleh dinding sel. Selain melindungi sel, dinding sel juga memiliki fungsi untuk menjaga bentuk sel tumbuhan tidak berubah dan tetap.
15. Plasmodesmata
Plasmodesmata adalah rongga atau celah pada dinding sel. Fungsinya adalah untuk masuknya zat antar sel tumbuhan. (DNR)