Konten dari Pengguna

Mengenal Sifat Nilon Lengkap dengan Karakteristiknya

Berita Terkini
Penulis kumparan
19 Juni 2023 19:48 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Sifat Nilon. Foto: dok. Joyce Romero (Unsplash)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sifat Nilon. Foto: dok. Joyce Romero (Unsplash)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mengenal sifat nilon dan karakter yang dimiliki bahan nilon merupakan hal utama yang perlu diperhatikan saat kita akan membuat produk dengan menggunakan nilon. Bahan nilon dikenal dengan daya tahannya yang relatif kuat.
ADVERTISEMENT
Dalam artikel ini akan dibahas mengenai sifat nilon dan karakteristiknya. Dengan mengetahui sifat bahan tersebut, produk yang dibuat akan lebih baik kualitasnya.

Sifat Nilon yang Unggul Sebagai Bahan Pembuat Produk

Ilustrasi Sifat Nilon. Foto: dok. Andrew Dawes (Unsplash)
Nilon adalah bahan yang terbuat dari serat sintetis dan memiliki karakter yang kuat dan elastis. Bahan nilon juga memiliki daya tahan yang cukup baik sehingga tidak mudah rusak. Hal ini selaras dengan isi buku berjudul Teknik Upholstery yang ditulis oleh Jati Widagdo (2022: 33).
Dalam buku tersebut tertulis bahwa nilon memiliki sifat tidak mudah rusak dan tahan air. Hal ini karena nilon terbuat dari bahan sintetis. Bahan sintetis yang digunakan dalam bahan nilon adalah minyak bumi.
Nilon merupakan bahan pertama yang dibuat dari bahan anorganik dan sukses dikomersilkan. Bahan nilon banyak disukai karena kuat. Meski kuat dan elastis, bahan nilon cukup ringan, mempunyai tekstur lembut, tidak menyerap air, dan cepat kering ketika terkena air.
ADVERTISEMENT
Bahan nilon juga memiliki sifat yang relatif tahan terhadap panas dan air. Hal ini membuat nilon kerap digunakan sebagai bahan utama payung dan pakaian renang.
Namun, pada titik panas tertentu, nilon dapat meleleh sehingga pengguna bahan nilon perlu berhati-hati ketika menyetrika pakaian berbahan nilon. Saat menyetrika pakaian berbahan nilon, sebaiknya gunakan suhu yang tidak terlalu panas.
Keunggulan bahan nilon lainnya adalah mudah dicuci dan tidak mudah sobek. Bahan nilon juga tahan terdapat kutu, serangga, dan jamur sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
Selain memiliki kelebihan, bahan nilon juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan nilon antara lain dapat berubah warna ketika terpapar sinar matahari terlalu lama, sulit didaur ulang, dan tidak dapat menyerap keringat dengan baik.
ADVERTISEMENT
Dengan mengenal sifat nilon dan karakteristiknya, pengusaha dapat mempertimbangkan bahan nilon untuk membuat aneka produk yang sesuai. (DAP)