Mengenal Teknik Mengoper Bola Basket dengan Cara Dipantulkan ke Lantai

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 21:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi teknik mengoper bola basket dengan cara dipantulkan lantai dulu adalah teknik bounce pass. Sumber: Pexels/John Omest
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi teknik mengoper bola basket dengan cara dipantulkan lantai dulu adalah teknik bounce pass. Sumber: Pexels/John Omest
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pada permainan bola basket ada banyak teknik melempar dan mengoper bola yang harus dipelajari. Teknik mengoper bola basket dengan cara dipantulkan lantai dulu adalah teknik bounce pass.
ADVERTISEMENT
Memahami dan menguasai aneka teknik melempar adalah hal yang harus dilakukan oleh pemain basket. Hal ini termasuk dalam skill yang akan menentukan kemampuan pemain.

Penjelasan tentang Teknik Mengoper Bola Basket dengan Cara Dipantulkan Lantai Dulu adalah Teknik Bounce Pass

Ilustrasi teknik mengoper bola basket dengan cara dipantulkan lantai dulu adalah teknik bounce pass. Sumber: Pexels/Tima Miroshnichenko
Dalam permainan bola basket, pemain dituntut untuk memiliki teknik bermain yang baik. Salah satu teknik mengoper bola basket dengan cara dipantulkan dulu ke lantai adalah teknik bounce pass.
Berdasarkan buku Survival Guide for Coaching Youth Basketball, Keith Miniscalco dan Greg Kot, (2015:47), pengertian bounce pass adalah salah satu umpan yang bisa dilakukan jika ingin mengoper bola dengan cepat ke tim.
Secara teori, bounce pass merupakan lemparan bola basket pada titik pantul 2/3 dari jarak target kawan satu tim. Biasanya, teknik bounce pass ini digunakan untuk menghindari lawan supaya tidak bisa merebut bola.Teknik ini sangat tepat dilakukan oleh pemain yang kalah tinggi dengan pemain tim lawan.
ADVERTISEMENT
Cara melakukan passing pantul ini hampir sama dengan passing setinggi dada. Namun, perbedaannya adalah untuk mencapai sasaran, bola dilewatkan bawah pinggang, memantul ke lantai terlebih dahulu.
Berikut ini tips untuk melakukan bounce pass agar berhasil.

1. Persiapan Melakukan Bounce Pass

Sikap permulaan dalam melakukan bounce pass sama dengan saat akan melakukan operan setinggi dada (chest pass). Sikap permulaan tersebut antara lain sebagai berikut:

2. Gerakan Melakukan Bounce Pass

Berikut ini urutan gerakan melakukan bounce pass.
ADVERTISEMENT

3. Akhir Gerakan Bounce Pass

Setelah bola berhasil dipantulkan, selanjutnya ubah posisi badan dengan langkah sebagai berikut:
Teknik mengoper bola basket dengan cara dipantulkan lantai dulu adalah teknik bounce pass. Semoga artikel ini bisa menjelaskan mengenai teknik tersebut dalam permainan basket. (SASH)