Pengertian Baptis dalam Agama Kristen Protestan dan Katolik

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
5 Maret 2023 17:13 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
https://pixabay.com/id/users/seneciojercy-14196544/ - apa itu baptis
zoom-in-whitePerbesar
https://pixabay.com/id/users/seneciojercy-14196544/ - apa itu baptis
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Umat agama Kristen Protestan dan Katolik mungkin sudah sangat akrab dengan apa itu baptis. Mengutip dari buku Baptisan adalah Perintah, Prof. Franky Mewengkang, 2021, baptis didefinisikan sebagai sakramen inisiasi dalam agama Kristen yang melambangkan pembersihan dosa.
ADVERTISEMENT

Apa Itu Baptis?

Secara umum, apa itu baptis dapat diartikan sebuah ritual atau sakramen yang dilakukan oleh beberapa agama Kristen sebagai lambang pengakuan iman dan pertobatan.
https://pixabay.com/id/users/keskieve-694816/
Dalam pelaksanaan baptisan, seseorang biasanya dicelupkan atau disiram dengan air oleh seorang pengkhotbah atau pendeta yang mengucapkan doa. Penggunaan air dalam baptisan dianggap melambangkan pembersihan dosa dan pengenalan kembali atau kelahiran baru dalam iman Kristen.
Dalam beberapa denominasi Kristen, seperti Gereja Katolik, Gereja Ortodoks, dan Gereja Protestan, baptisan dianggap sebagai salah satu sakramen penting yang menjadi syarat untuk menjadi anggota resmi gereja. Ada juga denominasi Kristen yang melaksanakan baptisan sebagai suatu tanda kesaksian atau pertobatan saja tanpa memberikan status keanggotaan resmi dalam gereja.
ADVERTISEMENT

Perbedaan Baptis dalam Kristen Protestan dan Katolik

Tadi disebutkan bahwa apa itu baptis adalah sebuah sakramen atau ritual yang dilakukan oleh beberapa denominasi Kristen termasuk Gereja Katolik dan berbagai denominasi Protestan.
Nyatanya, terdapat beberapa perbedaan antara baptis Kristen dan Katolik, yaitu:

Persiapan dan Pelaksanaan

Dalam Gereja Katolik, baptisan dilakukan dengan menyiramkan air ke atas kepala bayi atau orang dewasa yang akan dibaptis. Sebelumnya, biasanya ada persiapan seperti pembaptisan pra-katekumen dan pengajian sebelumnya.
Sedangkan dalam denominasi Protestan, baptisan bisa dilakukan dengan cara mencelupkan atau menyiramkan air ke dalam tubuh orang yang akan dibaptis, dan sering kali dilakukan di hadapan jemaat. Tidak ada persiapan pra-katekumen khusus di denominasi Protestan.

Konsep Sakramen

Dalam Katolik, baptisan dianggap sebagai salah satu dari tujuh sakramen resmi yang diakui oleh gereja. Sakramen baptisan dianggap memberikan pembebasan dari dosa asal, mengalirkan kasih karunia, dan mengubah seseorang menjadi anak Allah.
ADVERTISEMENT
Sedangkan dalam denominasi Protestan, baptisan dianggap sebagai lambang dari pengakuan iman dan pertobatan, serta tanda kelahiran baru dalam Kristus.

Pelayan Baptis

Dalam Gereja Katolik, baptisan biasanya dilakukan oleh seorang pendeta, pastor, atau uskup yang telah diangkat sebagai pelayan sakramen.
Sedangkan dalam Protestan, seseorang yang telah diakui sebagai pelayan gereja seperti pendeta, diaken, atau pemimpin jemaat bisa melaksanakan baptisan.

Penerima Baptisan

Dalam ajaran agama Katolik, baptisan biasanya dilakukan pada bayi yang belum bisa mengambil keputusan sendiri, karena dianggap memberikan pengampunan dosa asal pada bayi tersebut.
Sedangkan dalam denominasi Protestan, baptisan dilakukan pada orang dewasa yang telah mengambil keputusan sendiri untuk menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat mereka.
Meskipun memang terdapat perbedaan dalam praktik baptisan di antara denominasi Kristen, inti dari apa itu baptis adalah lambang pengakuan iman dan pertobatan, serta penegasan bahwa seseorang telah bergabung dengan Kristus dan menjadi anggota dari keluarga Allah.
ADVERTISEMENT
Demikian ulasan singkat mengenai apa itu baptis dan penjelasan singkatnya. Semoga bisa dipahami dengan baik. (DNR)