Pengertian Gerhana Matahari dan Penjelasan Waktu Terjadinya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
20 Februari 2023 18:21 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pengertian gerhana matahari, sumber foto Justin Dickey on Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pengertian gerhana matahari, sumber foto Justin Dickey on Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Gerhana matahari merupakan salah satu fenomena alam yang menimpa bumi dan melibatkan benda-benda langit yang ada di tata surya. Istilah gerhana sendiri adalah gambaran proses terjadinya pergerakan benda langit. Pada artikel ini akan menjelaskan mengenai pengertian gerhana matahari dan penjelasan kapan waktu terjadinya.
ADVERTISEMENT

Pengertian Gerhana Matahari

Ilustrasi pengertian gerhana matahari, sumber foto Bryan Goff on Unsplash
Mari mulai pembahasan kali ini dengan melihat lebih dulu pengertian gerhana matahari. Dikutip dari Buku Pendamping Olimpiade Sains Nasional IPA Tingkat Sekolah Dasar dengan Topik Tata Surya karya Ni Nengah Mudari, (2021) dijelaskan bahwa gerhana matahari biasanya terjadi pada siang hari.
Gerhana matahari terjadi ketika kedudukan bulan, bumi dan matahari membentuk garis lurus dengan kedudukan bulan berada di antara bumi dan matahari. Gerhana matahari terjadi karena sinar matahari pada siang hari terhalang oleh bulan sehingga keadaan yang terang berangsur-angsur menjadi gelap.
Jika terjadi gerhana matahari maka bayangan bulan akan mengenai bumi. Oleh karena itu bulan lebih kecil daripada bumi maka hanya sebagian tempat saja yang mengalami gerhana matahari. Ada tiga jenis gerhana matahari, yaitu:
ADVERTISEMENT
Gerhana matahari total hanya terjadi di permukaan bumi yang terkena bayangan umbra bulan. Gerhana matahari total selalu diawali dan diakhiri oleh gerhana matahari sebagian.
Gerhana matahari cincin terjadi apabila posisi matahari, bulan dan bumi berada pada satu garis lurus dengan piringan bulan lebih kecil dari piringan matahari.
Gerhana matahari hibrida merupakan pergerakan dari gerhana matahari total dan gerhana matahari cincin.
Gerhana matahari sebagian terjadi ketika puncak gerhana piringan bulan hanya dapat menutup setengah atau sebagian dari piringan matahari maka situasi inilah yang disebut dengan gerhana matahari sebagian.
Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa waktu terjadinya gerhana matahari adalah saat matahari bulan dan bumi berada dalam satu garis lurus.

Dampak Gerhana Matahari

Lalu adakah dampak dari gerhana matahari bagi kehidupan manusia? Jawabannya adalah ada. Berikut beberapa di antaranya:
ADVERTISEMENT
Demikian adalah pembahasan mengenai pengertian gerhana matahari, kapan terjadinya dan dampaknya bagi kehidupan manusia. (WWN)