Pengertian Kata Rujukan, Jenis-Jenis, dan Contoh Kalimatnya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
17 April 2024 17:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kata rujukan. Sumber: pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kata rujukan. Sumber: pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kata rujukan adalah salah satu jenis kata dalam bahasa Indonesia yang penting untuk dipahami tata cara penggunaannya. Apalagi kata yang satu ini terbagi lagi ke jenis-jenis dengan penggunaan yang berbeda-beda.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itulah, sangat penting bagi orang-orang untuk memahami penggunaan kata tersebut. Dengan begitu, maka nantinya akan lebih mudah saat harus menggunakan kata ini dalam komunikasi sehari-hari, baik secara lisan maupun tulisan.

Pengertian Kata Rujukan, Jenis, dan Contohnya

Ilustrasi kata rujukan. Sumber: pexels.com
Mengutip dari buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan, Taufiqur Rahman dan Hamidulloh Ibda (2017:63), pengertian kata rujukan adalah kata yang merujuk pada kata lain yang telah diungkapkan sebelumnya. Adapun kata ini terbagi ke dalam jenis-jenis dengan contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

1. Kata Rujukan Benda

Jenis ini merupakan kata ganti yang digunakan untuk merujuk pada suatu benda ataupun hal lainnya yang dianggap sebagai sebuah benda. Contoh katanya, seperti ini, itu, dan tersebut. Berikut contoh kalimat yang bisa disimak.
ADVERTISEMENT

2. Kata Rujukan Orang

Jenis ini adalah kata rujukan yang mengacu pada orang atau suatu hal yang diperlakukan seperti orang. Contoh katanya adalah dia, ia, mereka, beliau, dan lainnya. Sedangkan contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

3. Kata Rujukan Tempat

Jenis ini merupakan rujukan yang digunakan sebagai kata ganti tempat atau acuan pada suatu tempat. Contoh katanya antara lain di sana, di sini, di situ, dan lainnya. Sementara contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.
ADVERTISEMENT
Demikian penjelasan singkat tentang kata rujukan dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat. (Anne)