Konten dari Pengguna

Pengertian Majas sebagai Gaya Bahasa dalam Puisi

Berita Terkini
Penulis kumparan
28 Mei 2024 17:11 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi gaya bahasa yang menggunakan ungkapan kiasan atau perbandingan untuk memberikan efek artistik pada puisi adalah majas. Sumber: pexels.com/Wallace Chuck
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi gaya bahasa yang menggunakan ungkapan kiasan atau perbandingan untuk memberikan efek artistik pada puisi adalah majas. Sumber: pexels.com/Wallace Chuck
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Gaya bahasa yang menggunakan ungkapan kiasan atau perbandingan untuk memberikan efek artistik pada puisi adalah majas. Majas digunakan penulis, baik puisi maupun prosa untuk mengekspresikan perasaan dan isi pikirannya.
ADVERTISEMENT
Ada berbagai jenis majas yang digunakan dalam tulisan. Contohnya majas perbandingan, majas pertentangan, majas sindiran, dan majas penegasan. Semua majas ini memiliki pengertian dan karakteristik yang berbeda.

Gaya Bahasa yang Menggunakan Ungkapan Kiasan atau Perbandingan untuk Memberikan Efek Artistik adalah Majas

Ilustrasi untuk gaya bahasa yang menggunakan ungkapan kiasan atau perbandingan untuk memberikan efek artistik pada puisi adalah majas. Sumber: pexels.com/Cottonbro Studio
Dalam menyusun suatu puisi, seorang penulis sering merangkai kata dengan gaya bahasa yang disusun sedemikian rupa untuk menarik minat pembaca. Gaya bahasa itu digunakan untuk memberikan penegasan pada pesan yang ingin disampaikan penulis.
Gaya bahasa yang menggunakan ungkapan kiasan atau perbandingan untuk memberikan efek artistik pada puisi adalah majas. Majas adalah cara melukiskan sesuatu dengan cara menyamakan atau membandingkannya dengan hal-hal lain.
Menurut buku Persuasive Copywriting: Sebuah Seni Menjual Melalui Tulisan oleh Febri Asiani (2020: 22), macam-macam majas adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT

1. Majas Perbandingan

Majas perbandingan adalah gaya bahasa dengan menggunakan ungkapan untuk membandingkan onjek satu dengan lainnya dengan cara menyamakan, melebihkan, atau mengganti.
Macam-macam majas perbandingan adalah sebagai berikut:

2. Majas Pertentangan

Majas jenis ini menggunakan kata-kata kiasan yang bertentangan dengan yang dimaksudkan sebanarnya. Beebrapa jenis majas pertentangan adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT

3. Majas Sindiran

Menggunakan kata-kata kiasan dengan maksud untuk menyindir seseorang atau perilaku dan kondisi tertentu. Majas sindiran meliputi jenis-jenis majas sebagai berikut:
ADVERTISEMENT

4. Majas Penegasan

Majas penegasan bertujuan untuk meningkatkan pengaruh pada pembaca atau pendengarnya untuk menyetujui ujara, pernyataan, atau kejadian yang diungkapkan.
Gaya bahasa yang menggunakan ungkapan kiasan atau perbandingan untuk memberikan efek artistik pada puisi adalah majas. Tujuan penulis menggunakan majas dalam karyanya adalah untuk memberikan efek tertentu pada pembaca dan sebagai bentuk ekspresi isi pikiran perasaannya. Semoga bermanfaat. (IND)