Pengertian Panitia sebagai Organisasi dalam Pementasan Teater Tradisional

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
3 Maret 2023 19:45 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi artikel tentang organisasi dalam pementasan teater tradisional disebut panitia. Sumber: Unsplash.com/Erik Mclean
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi artikel tentang organisasi dalam pementasan teater tradisional disebut panitia. Sumber: Unsplash.com/Erik Mclean
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Organisasi dalam pementasan teater tradisional disebut dengan panitia. Simak penjelasan tentang pentingnya pembentukan panitia dalam pementasan teater melalui uraian berikut ini.
ADVERTISEMENT

Panitia sebagai Organisasi dalam Pementasan Teater

Ilustrasi Panitia. Sumber: Unsplash.com/Dylan Gillis
Setiap perkumpulan seniman teater, tentu memiliki nama serta struktur organisasi tersendiri. Namun, ketika akan mengadakan pementasan atau pertunjukan, organisasi tersebut akan membentuk panitia.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian panitia adalah kelompok orang yang ditunjuk atau dipilih untuk mempertimbangkan atau mengurus hal-hal yang ditugaskan kepadanya.
Demikian dapat dipahami bahwa panitia pementasan teater merupakan kelompok orang yang ditunjuk untuk mempertimbangkan serta mengurus hal-hal yang berkaitan dengan pementasan teater.
Lantas apakah anggota panitia merupakan seluruh anggota organisasi teater? Jawabannya adalah bisa jadi dan bisa tidak. Pasalnya, jumlah serta susunan panitia dalam sebuah pementasan mengikuti keperluan dan lingkup pementasan.
ADVERTISEMENT
Baik dalam lingkup pementasan besar maupun kecil, pembentuk panitia pementasan teater tetap memiliki peran penting. Hal ini termasuk dalam pementasan teater di sekolah.
Contessa dan Shofiyatul (2020: 59) dalam bukunya yang berjudul Perencanaan Pementasan Drama menjelaskan bahwa,
Selain menjelaskan tentang bentuk organisasi yang ideal dalam pementasan teater, Contessa dan Shofiyatul pun menjelaskan tentang beberapa susunan panitia. Berikut adalah beberapa susunan panitia yang perlu ada dalam panitia pementasan teater.
ADVERTISEMENT
Itulah beberapa susunan yang perlu ada dalam pementasan teater. Apakah susunan tersebut juga perlu ada dalam pementasan teater tradisional? Ya, tentu saja.
Pasalnya, panitia dibentuk supaya pementasan teater dapat terlaksana dengan baik. Jadi, pementasan teater tradisional pun memerlukan panitia. Sekian uraian tentang pengertian panitia. Semoga bermanfaat, ya! (AA)