Pengertian Peluang Kerja dan Peluang Usaha yang Perlu Dipahami

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
24 Februari 2024 18:27 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pengertian Peluang Kerja dan Peluang Usaha. Sumber: Unsplash/Andrew Neel
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pengertian Peluang Kerja dan Peluang Usaha. Sumber: Unsplash/Andrew Neel
ADVERTISEMENT
Pengertian peluang kerja dan peluang usaha merupakan istilah-istilah yang sering muncul dalam dunia usaha. Dalam hal ini setiap orang mempunyai kesempatan kerja dan usaha untuk mencapai tujuan tertentu.
ADVERTISEMENT
Tujuannya adalah untuk memuaskan keinginan, yang bisa berupa keuntungan, uang, kekayaan, kepuasan batin, popularitas, status sosial, dan sebagainya.

Pengertian Peluang Kerja dan Peluang Usaha

Ilustrasi Pengertian Peluang Kerja dan Peluang Usaha. Sumber: Unsplash/KOBU Agency
Setiap karyawan dan pengusaha yang ingin memulai, mengelola atau menciptakan suatu usaha/pekerjaan hendaknya memperhatikan peluang. Karena membutuhkan peluang untuk mengembangkan bisnis/pekerjaan.
Namun, tidak ada yang bisa memprediksi apakah peluang yang dimanfaatkan akan berkembang atau tidak. Jadi harus berhati-hati saat memilih opsi ini. Untuk lebih memahami hal ini, simak pengertian peluang kerja dan peluang usaha berikut ini.

Pengertian Peluang Kerja

Dikutip dari Buku Siswa Ekonomi Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial Untuk Siswa SMA/MA Kelas XI Kurikulum 2013, Basuki Darsono, (50), peluang kerja adalah banyak sedikitnya tenaga kerja yang mempunyai kesempatan untuk bekerja.
ADVERTISEMENT
Jadi, peluang kerja adalah jumlah lapangan kerja yang tersedia bagi para pencari kerja. Bisa juga dikatakan terbukanya lapangan kerja bagi mereka yang membutuhkan.
Secara umum, peluang kerja adalah suatu kondisi yang menggambarkan jumlah total pekerjaan yang dapat diserap dan berpartisipasi aktif dalam perekonomian.
Peluang kerja juga dapat didefinisikan sebagai jumlah orang yang bekerja atau menerima pekerjaan. Semakin banyak orang yang bekerja, maka potensi lapangan kerja cukup besar atau signifikan.
Dapat dikatakan bahwa peluang kerja berkaitan erat dengan kemampuan pemerintah dalam melakukan investasi yang menguntungkan dan aman serta kualitas sumber daya manusia dalam menciptakan peluang kerja.
Peningkatan investasi dapat meningkatkan kesempatan kerja dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja. Oleh karena itu, ketika kesempatan kerja besar maka akan menyerap sumber daya manusia yang memerlukan pekerjaan lebih banyak. Jika jumlah kesempatan kerja dan angkatan kerja sebanding, maka jumlah pengangguran akan berkurang.
ADVERTISEMENT

Pengertian Peluang Usaha

Secara umum pengertian peluang usaha adalah suatu kondisi yang dapat memberikan peluang bagi seseorang khususnya seorang pengusaha untuk mencapai tujuannya.
Tujuan dari usaha itu sendiri dicapai melalui penggunaan upaya dan sumber daya tertentu secara efektif. Dengan demikian, usaha dapat berkembang, penjualan meningkat, reputasi meningkat, dan akhirnya keuntungan meningkat.
Selain itu, pengertian peluang usaha juga dapat diartikan sebagai peluang yang dicari oleh seseorang atau sekelompok orang yang berniat untuk memulai suatu bisnis dengan mencapai tujuan utama mereka untuk mendapatkan keuntungan.
Melalui peluang usaha ini, para pengusaha memiliki keyakinan terhadap ide usaha yang dipilihnya, dan selain itu, para wirausahawan dapat memetakan masa depan usaha yang telah mereka rintis.
Peluang usaha yang potensial tidak serta merta datang kepada pengusaha, tetapi pengusaha harus mengusahakannya. Artinya peluang selalu ada bagi setiap pengusaha.
ADVERTISEMENT
Itulah pengertian peluang kerja dan peluang usaha yang perlu dipahami sebelum mengambil keputusan.(glg)