Konten dari Pengguna

Pengertian Properti sebagai Alat yang Digunakan untuk Mendukung Seni Tari

Berita Terkini
Penulis kumparan
3 Juni 2024 18:48 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi untuk perlengkapan yang digunakan untuk mendukung seni tari adalah. Sumber: unsplash.com/Muhammad Adin Samudro https://unsplash.com/photos/a-woman-in-a-costume-on-a-stage-LxM540pjmZM
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi untuk perlengkapan yang digunakan untuk mendukung seni tari adalah. Sumber: unsplash.com/Muhammad Adin Samudro https://unsplash.com/photos/a-woman-in-a-costume-on-a-stage-LxM540pjmZM
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Perlengkapan yang digunakan untuk mendukung seni tari adalah properti. Fungsi properti dalam seni tari adalah untuk menunjang atau menonjolkan ekspresi gerakan dalam tarian.
ADVERTISEMENT
Properti digunakan dalam banyak ragam seni tari, baik tari tradisional maupun tari modern. Contoh properti seni tari yang banyak dikenal dalam tari tradisional adalah piring dalam tari piring.

Perlengkapan yang Digunakan untuk Mendukung Seni Tari adalah Properti

Ilustrasi untuk perlengkapan yang digunakan untuk mendukung seni tari adalah. Sumber: unsplash.com/Julian Libastirani https://unsplash.com/photos/a-group-of-people-dancing-Fm2r_hg8MgE
Seni tari memiliki banyak unsur yang mendukung pertunjukannya. Beberapa dari unsur tersebut di antaranya adalah gerakan, musik pengiring, kostum, serta perlengkapan untuk menunjang pertunjukkan.
Perlengkapan yang digunakan untuk mendukung seni tari adalah properti. Menurut buku Pembelajaran Tari dalam Kurikulum PAUD oleh Dessy Putri Wahyuningtyas, M.Pd (2020: 140), properti tari yang digunakan harus sesuai dengan tema, tujuan, dan makna tari yang akan ditampilkan.
Properti akan menambah daya tarik sebuah tarian, oleh karena itu seorang penari harus dapat menggunakannya dengan baik sehingga menambah kelincahan, kegagahan, keanggunan, dan kewibawaan para penari.
ADVERTISEMENT
Tujuan properti adalah untuk memperkuat ekspresi penari saat menari sehingga makna dari tarian tersebut dapat ditangkap oleh penonton.

Contoh Properti Tari dalam Seni Tari di Indonesia

Ilustrasi untuk perlengkapan yang digunakan untuk mendukung seni tari adalah. Sumber: pexels.com/Cottonbro Studio
Berikut ini beberapa contoh properti yang sering digunakan dalam berbagai tarian di Indonesia:

1. Selendang atau Sampur

Selendang atau dalam bahasa tarian disebut dengan sampur mempunyai peran ganda dalam penampilan. Selendang berperan sebagai salah satu bagian dari kostum yang diserasikan dengan warna dan bagian kostum lainnya.
Selendang juga berperan sebagai properti yang menjadi bagian dari gerak tari itu sendiri. Contoh tarian yang menggunakan properti selendang atau sampur adalah Tari Srimpi dari daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

2. Kipas

Kipas adalah salah satu properti yang umum digunakan dalam seni tari, baik trari tradisional maupun tari kreasi. Contoh tarian yang menggunakan kipas sebagai properti adalah Tari Pakarena yang berasal dari Sulawesi Selatan.
ADVERTISEMENT

3. Payung

Payung yang digunakan dalam tari tradisional bukan payung pada umumnya, tetapi payung yang digunakan khusus untuk pertunjukkan tari.
Properti payung memiliki ciri keindahan tersendiri dengan warna-warna yang menarik. Tarian yang identik dengan properti payung adalah Tari Payung dari Sumatera Barat.

4. Piring

Piring yang digunakan bukan piring yang untuk makan sehari-hari, tetapi piring dengan ukuran yang lebih kecil seukuran dengan telapak tangan orang dewasa. Properti ini menjadi ciri khas Tari Piring dari Sumatera Barat.

5. Topeng

Ada beberapa tarian yang menggunakan topeng sebagai properti tari tetapi dengan rupa atau wajah topeng yang berbeda-beda. Contoh tarian yang menggunakan topeng sebagai properti di antaranya adalah Tari Topeng Cirebon, Tari Topeng Kelana, Tari Topeng Malang, dan Tari Reog Ponorogo.
ADVERTISEMENT
Dari pembahasan di atas dapat dipahami bahwa perlengkapan yang digunakan untuk mendukung seni tari adalah properti. Properti berfungsi untuk menguatkan ekspresi gerak dalam tari.
Di Indonesia, ada berbagai contoh tari tradisional dan tari kreasi yang menggunakan properti. Hal tersebut adalah wujud keberagaman seni tari di Indonesia.(IND)