Pengertian Renang Gaya Kupu-Kupu dan Cara Melakukannya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
26 Februari 2023 21:02 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pengertian Renang Gaya Kupu-Kupu, Foto: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Pengertian Renang Gaya Kupu-Kupu, Foto: Unsplash.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Siapa diantara kalian yang gemar dan menyukai olahraga renang? Renang adalah salah satu olahraga air yang banyak digemari, terutama ketika sedang cuaca panas. Ada empat (4) macam jenis gaya dalam olahraga renang, yaitu gaya bebas, punggung, kupu-kupu, dan dada.di artikel ini kita akan membahas mengenai gaya kupu-kupu. Kecepatan renang gaya kupu-kupu didapat dari ayunan kedua belah tangan secara bersamaan, dikombinasi dengan dorongan kaki bersamaan. Ini ulasannya.
ADVERTISEMENT
Gaya kupu-kupu ini bisa dibilang sebagai yang paling sulit diantara lainnya. Hal ini dikarenakan tendangan yang dilakukan dalam gaya kupu-kupu mirip seperti ekor atau tendangan lumba-lumba. Sehingga menyebabkan banyak orang berpendapat bahwa renang gaya kupu-kupu disebut juga dengan gaya lumba-lumba. Selain mengandalkan kekuatan tangan serta kaki, gaya renang kupu-kupu membutuhkan penapasan yang lebih kuat dan stabil.

Pengertian Renang Gaya Kupu-Kupu

Pengertian Renang Gaya Kupu-Kupu, Foto: Unsplash.
Dikutip dari buku Pendidikan Jasmani karya Irwansyah (2006: 78), renang gaya kupu-kupu adalah salah satu gaya dalam olahraga renang. Dibandingkan dengan gaya renang lainnya, gaya kupu-kupu merupakan gaya yang paling baru yang diperlombakan dalam pertandingan-pertandingan renang. Gaya kupu-kupu adalah gaya renang yang dilakukan dengan kedua lengan secara bersamaan mengayuh bergerak ke depan. Pada gerakan renang gaya kupu-kupu, kedua tangan membentang kemudian mengepak untuk mengayuh maju ke depan.
ADVERTISEMENT
Di samping itu gaya kupu-kupu merupakan salah satu dikaitkan sama seperti gaya dada. Untuk mempraktekannya biasanya kedua tangan membentang ke atas dan saat timbul di atas permukaan air layaknya memiliki sepasang sayap.
Kedua lengan harus lakukan dayung secara bersama. Kaki pun itu mengikuti pergerakan seperti halnya tendangan lumba-lumba. Gaya renang kupu-kupu ini meski untuk mencoba rada sulit tapi suatu saat bisa dikuasai.

Cara Melakukan Gaya Kupu-Kupu

Berenang dengan gaya kupu-kupu diperlukan kekuatan yang benar dan koordinasi gerak yang baik. Berikut ini langkah-langkah melakukan renang gaya kupu-kupu:
1. Gerakan kaki
ADVERTISEMENT
2. Gerakan lengan
ADVERTISEMENT
3. Gerakan mengambil nafas
Demikianlah penjelasan mengenai renang gaya kupu-kupu dan cara melakukannya. Renang adalah olahraga yang menyenangkan dan bermanfaat bagi sistem pernafasan. Tertarik untuk mencoba renang gaya kupu-kupu?