Penjelasan Maksud dari Perlindungan dan Penegakan Hukum

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
27 Oktober 2023 20:19 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Apa Dimaksud dengan Perlindungan dan Penegakan Hukum. Sumber: Unsplash/Tingey Injury Law Firm
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Apa Dimaksud dengan Perlindungan dan Penegakan Hukum. Sumber: Unsplash/Tingey Injury Law Firm
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Indonesia merupakan yang secara tegas menegakkan hukum. Di Indonesia terdapat perlindungan serta penegakan hukum. Apa yang dimaksud dengan perlindungan dan penegakan hukum?
ADVERTISEMENT
Secara sederhana, perlindungan hukum adalah usaha untuk melindungi hak-hak subjek hukum. Sementara penegakan hukum diartikan sebagai upaya dalam menjalankan ketentuan hukum seperti yang telah ditetapkan dan juga diatur.

Jawaban Pertanyaan Apa Dimaksud dengan Perlindungan dan Penegakan Hukum

Ilustrasi Apa Dimaksud dengan Perlindungan dan Penegakan Hukum. Sumber: Unsplash/Tingey Injury Law Firm
Sebagai negara hukum, Indonesia telah memberlakukan perlindungan serta penegakan hukum untuk seluruh warganya. Dari definisinya, perlindungan dan penegakan hukum merupakan hal yang sangat berbeda.
Sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui kedua definisi istilah tersebut. Lantas, apa yang dimaksud dengan perlindungan dan penegakan hukum?
Dikutip dari buku Perlindungan Hukum: Bagi Wisatawan Dendengan Kabupaten Banggi, Ruslam (2022), perlindungan hukum adalah tindakan atau upaya untuk melindungi masyarakat dari perbuatan sewenang-wenang oleh penguasa yang tidak sesuai dengan aturan hukum, untuk mewujudkan ketertiban dan ketentraman, sehingga memungkinkan manusia untuk menikmati martabatnya sebagai manusia (Setiono. 2004 : 3).
ADVERTISEMENT
Suatu perlindungan hukum tidak berlaku pada satu buat aspek. Melainkan berlaku untuk segala aspek di dalam kehidupan setiap orang. Adanya perlindungan hukum dapat memberikan masyarakat jaminan rasa aman.
Selain itu, perlindungan hukum juga dapat memberikan ganjaran yang sesuai bagi setiap orang yang melanggar norma yang berlaku. Perlindungan hukum dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni preventif dan represif.
Perlindungan hukum preventif diberikan oleh pemerintah suatu negara yang bertujuan untuk mencegah sebelum terjadi pelanggaran. Sementara perlindungan hukum represif berupa denda, penjara, hingga hukuman tambahan jika terjadi suatu pelanggaran.
Sedangkan penegakan hukum artinya adalah upaya untuk menjadikan hukum sebagai pedoman dalam berperilaku. Penegakan hukum juga termasuk ke dalam proses untuk menjamin aturan hukum diikuti oleh warga negara.
ADVERTISEMENT
Penegakan hukum ini melibatkan berbagai pihak. Misalnya adalah polisi, jaksa, hakim, serta aparat penegak hukum lainnya. Perlindungan serta penegakan hukum menjadi salah satu faktor untuk mewujudkan keadilan dan perdamaian di Indonesia.
Perlindungan serta penegakan hukum di Indonesia sangat penting untuk diberlakukan. Hal itu agar terwujud perdamaian di kehidupan bermasyarakat, tegaknya keadilan, serta tegaknya supremasi hukum.
Itulah penjelasan jawaban dari soal “apa yang dimaksud dengan perlindungan dan penegakan hukum?”. Perlindungan dan penegakan hukum merupakan aspek penting dalam suatu negara. Oleh sebab itu harus diberlakukan dengan tepat. (FAR)