(ReadyDLA)Jadwal Imsakiyah dan Subuh Tangerang, 8 April 2024 sampai Akhir

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
7 April 2024 17:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Jadwal Imsakiyah dan Subuh Tangerang, 8 April 2024, sumber: unsplash/RaimondKlavins
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jadwal Imsakiyah dan Subuh Tangerang, 8 April 2024, sumber: unsplash/RaimondKlavins
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jadwal imsakiyah dan subuh Tangerang 8 April 2024 banyak dicari oleh masyarakat. Jadwal tersebut bisa digunakan sebagai panduan dalam menjalankan ibadah puasa.
ADVERTISEMENT
Pada tanggal 8 April 2024, puasa Ramadan telah memasuki hari ke 28. Menjelang akhir Ramadan ini, alangkah bijaknya jika setiap muslim melaksanakan ibadah dengan lebih maksimal.

Jadwal Imsakiyah dan Subuh Tangerang, 8 April 2024

Ilustrasi Jadwal Imsakiyah dan Subuh Tangerang, 8 April 2024, sumber: unsplash/AyadiGaith
Mengutip buku Puasa Bukan Hanya saat Ramadhan oleh Ahmad Sarwat (2014), waktu imsak merupakan isyarat bahwa waktu sahur akan segera berakhir. Inilah jadwal imsakiyah dan subuh Tangerang, 8 April 2024 yang bisa digunakan acuan menjalankan ibadah di bulan Ramadan:

Senin, 8 April 2024

Dalil tentang Imsakiyah Ramadan

Ilustrasi Jadwal Imsakiyah dan Subuh Tangerang, 8 April 2024, sumber: unsplash/GrStocks
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, imsak merupakan tanda bahwa waktu sahur akan segera berakhir. Adapun batas akhir waktu sahur yang sesungguhnya adalah saat fajar terbit atau azan subuh. Dalil tentang imsakiyah Ramadan yakni sebagai berikut:
ADVERTISEMENT

1. Hasyihah Ad-Dasuki Jilid 5

Imam Ad-Dasuqi rahimahullah mengatakan:
فقد ورد أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يؤخره بحيث يكون ما بين فراغه منه وبين الفجر قدر ما يقرأ القارئ خمسين آية
Sungguh telah diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengakhirkan sahur yang diperkirakan antara selesai sahur dengan waktu fajar yaitu pembacaan 50 ayat. (Hasyihah Ad-Dasuki Jilid 5 Halaman 78).

2. HR Bukhari dan Muslim

عن زيد بن ثايبي رضي الله عنه قال : تسحرنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم، ثم قمنا إلى الصلاة، قلت : كم كان قدر ما بينهما، قال : خمسين آية.
Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu bahwasanya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan Zaid bin Tsabit radhiyallahu 'anhu pernah makan sahur. Ketika keduanya selesai dari makan sahur, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdiri untuk shalat, lalu beliau mengerjakan salat.
ADVERTISEMENT
Kami bertanya kepada Anas tentang berapa lama antara selesainya makan sahur mereka berdua dan waktu melaksanakan salat subuh. Anas menjawab, "Sekitar seseorang membaca 50 ayat (Al-Qur’an)." (HR Bukhari Nomor 1.134 dan Muslim Nomor 1.097).

3. Al-'Umm Jilid 2

Imam Asy-Syafii rahimahullah berkata:
واستحب التأني بالسحور ما لم يكن في وقت مقارب يخاف أن يكون الفجر طلع فإني أحب قطعه في ذلك الوقت
Dan aku menganjurkan agar tidak tergesa-gesa dalam bersahur selagi tidak sampai pada waktu yang mendekati (fajar) karena dikhawatirkan fajar akan tiba-tiba datang. Karena itulah aku lebih menyukai berhenti sahur pada waktu itu. (Al-'Umm Jilid 2 Halaman 105)
Itulah jadwal imsakiyah dan subuh Tangerang, 8 April 2024. Dengan mengetahui jadwal tersebut, maka puasa yang dijalankan bisa lebih terjadwal dan tertib. (DLA)
ADVERTISEMENT