Rekomendasi 8 Tempat Wisata di Banyuwangi untuk Liburan Keluarga

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
11 April 2024 17:12 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tempat wisata di banyuwangi - Sumber: pixabay.com/raung
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tempat wisata di banyuwangi - Sumber: pixabay.com/raung
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Rekomendasi tempat wisata di Banyuwangi diperlukan saat sedang berada di daerah tersebut. Banyuwangi merupakan bagian dari provinsi Jawa Timur yang letaknya ada di ujung Pulau Jawa dan sering dimanfaatkan sebagai jalur menyeberang ke Bali.
ADVERTISEMENT
Banyuwangi menyimpan banyak potensi wisata, khususnya wisata alam. Di sini terdapat taman nasional, pantai yang indah, hutan, hingga pesona api biru Gunung Ijen yang menarik untuk dikunjungi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuwangi

Ilustrasi tempat wisata di banyuwangi - Sumber: pixabay.com/astama81
Rekomendasi tempat wisata dapat membantu menemukan destinasi yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan. Setiap keluarga memiliki minat dan keinginan yang berbeda-beda, dan rekomendasi ini dapat membantu mempersempit pilihan dan menemukan tempat yang cocok untuk semua anggota keluarga.
Berdasarkan buku Pariwisata dan Potensi Pariwisata Banyuwangi, Kristian Buditiawan, (2023), berikut adalah beberapa beberapa tempat wisata di Banyuwangi untuk menikmati liburan bersama keluarga:

1. Taman Nasional Baluran

Taman ini dikenal sebagai savana ala Afrika di Jawa Timur. Selain menikmati keindahan savana, pengunjung juga dapat bertemu dengan satwa liar seperti rusa di Savana Bekol.
ADVERTISEMENT

2. Teluk Hijau

Teluk ini terletak di dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Nama "Hijau" diambil dari warna airnya yang memukau, yang berwarna hijau turquoise, dipadu dengan pasir putih yang lembut.

3. Dialoog Banyuwangi

Ini adalah sebuah hotel bintang 4 yang terletak di pinggir pantai Banyuwangi. Meskipun awalnya bukan merupakan tempat wisata, tapi keindahan dan fasilitas yang ditawarkan membuatnya menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan.

4. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung, atau G-Land Beach, merupakan surga bagi para peselancar profesional di seluruh dunia. Pantai ini terkenal karena memiliki ombak yang sangat besar dan ideal untuk melakukan surfing, bahkan dianggap sebagai salah satu pantai terbaik untuk surfing.

5. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade letaknya berdekatan dengan Teluk Hijau. Terkenal sebagai tempat konservasi penyu. Di pagi hari, pengunjung bisa menyaksikan bayi penyu menetas dari telur dan berusaha mencapai lautan. Pengalaman ini pasti akan menjadi momen magis yang tak terlupakan.
ADVERTISEMENT

6. Pantai Pulau Merah

Nama pantai ini diambil dari ciri khasnya yang unik: di dekat pantai terdapat sebuah "pulau" kecil dengan bukit yang tinggi, dan tanahnya memiliki warna merah yang mencolok. Selain keunikan Pulau Merah, pantai ini juga terkenal dengan pasir halusnya yang cocok untuk bermain.

7. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo terletak di bagian selatan Banyuwangi. Jika dilihat dari peta, taman ini memiliki bentuk area yang unik karena berada di Semenanjung Blambangan, yang terletak di ujung tenggara Pulau Jawa.

8. De Djawatan Forest

Awalnya, hutan ini merupakan bagian dari kawasan hutan lindung milik Jawatan Perhutani. Di tempat ini, terdapat 50 pohon trembesi yang besar dan memiliki penampilan yang unik. Pengunjung tidak akan menemukan kegiatan wisata yang berlebihan di sini, karena De Djawatan lebih mengutamakan keindahan alam yang asli.
ADVERTISEMENT
Itu tadi beberapa tempat wisata di Banyuwangi yang direkomendasikan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Tinggal memilih tempat mana yang ingin dituju dan sesuai dengan jadwal serta budget yang dimiliki. Selamat liburan! (DNR)