Soal dan Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 67 untuk Latihan

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
12 September 2023 18:18 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi soal dan kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 67, sumber foto: unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi soal dan kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 67, sumber foto: unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mata pelajaran IPA atau Ilmu Pengetahuan Alam merupakan mata pelajaran yang mempelajari semua hal mengenai alam dan juga isinya. Agar lebih mudah menguasai materinya, bisa mengerjakan soal dan kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 67.
ADVERTISEMENT
Soal-soal yang ada pada halaman 67 sendiri membahas mengenai tumbuhan. Tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup yang memiliki peran penting di alam, karena tumbuhan berperan sebagai penyedia makanan atau sering dikenal dengan produsen.

Soal dan Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 67

Ilustrasi soal dan kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 67, sumber foto: unsplash.com
Seperti yang sudah disinggung di awal bahwa pada mata pelajaran IPA untuk kelas 9, khususnya adalah halaman 67 soal-soal yang harus dikerjakan oleh siswa berhubungan dengan tumbuhan.
Materi khusus yang dibahas adalah seputaran tumbuhan tahan hama dan juga tumbuhan biasa. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, manusia terus mengembangkan tanaman yang tahan hama khususnya untuk tanaman yang berguna sebagai bahan makanan.
Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan jumlah panen para petani dan menghindarkan para petani dari kerugian.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Dasar-dasar Ilmu Hama Tanaman, Sutiharni dkk., (2023), dijelaskan bahwa hama adalah seluruh organisme yang sifatnya mampu mengurangi ketersediaan, kualitas, ataupun nilai sumber daya yang dimiliki oleh manusia.
Setelah memahami materi di atas siswa bisa langsung mengerjakan soal kemudian bisa dicocokkan dengan kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 67 Kurikulum Merdeka berikut ini.

Ayo, Kita Diskusikan Perhatikan Gambar 7.12!

Jagung pada gambar bagian atas merupakan jagung transgenik. Jagung tersebut memiliki sifat tahan hama dibandingkan dengan jagung pada umumnya. Coba kamu diskusikan dengan kelompokmu pertanyaan berikut.
1. Bagaimana prosedur untuk menghasilkan jagung yang memiliki sifat tahan hama?
Jawaban: Untuk menghasilkan jagung yang memiliki sifat tahan hama maka bisa memanfaatkan rekayasa genetika. Rekayasa genetika merupakan kegiatan manipulasi gen untuk memperoleh produk baru dengan cara membuat DNA rekombinan melalui penyisipan gen ini sendiri.
ADVERTISEMENT
DNA rekombinan adalah suatu DNA yang urutannya direkombinasikan agar memiliki sifat- sifat maupun fungsi yang diinginkan sehingga organisme penerima dapat mengekspresikan sifat maupun melakukan fungsi yang diinginkan.
2. Analisislah mengapa jagung transgenik mampu memiliki sifat tahan hama dan tidak seperti pada jagung biasa?
Jawaban: Jagung transgenik lebih tahan hama daripada jagung biasa. Hal ini dikarenakan tanaman jagung tahan hama disisipi gen yang mampu menghasilkan racun bagi hama. Sehingga saat ada hama yang memakan tanaman jagung, hama tersebut akan mati
3. Apa manfaat dikembangkannya jagung tahan hama bagi manusia?
Jawaban: Manfaat dikembangkannya jagung tahan hama bagi manusia adalah dapat meningkatkan kualitas jagung, hal ini dikarenakan jagung akan lebih menjadi tahan hama. Teknik transgenik perlu dikembangkan untuk mengembangkan berbagai produk pangan yang memiliki kualitas unggul tersebut.
ADVERTISEMENT
Itulah pembahasan mengenai soal dan kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 67 mengenai tumbuhan khususnya adalah tumbuhan tahan hama dan tumbuhan tidak tahan hama. (WWN)