Mom
·
8 Januari 2021 13:40

Stunting Menurut WHO dan Cara Pencegahannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Stunting Menurut WHO dan Cara Pencegahannya (297868)
Stunting menurut WHO sumber: Pinterest
Stunting menurut WHO secara global telah mempengaruhi lebih dari 162 juta anak pada usia di bawah lima tahun. Stunting atau kekerdilan pada balita didefinisikan sebagai tinggi badan yang lebih rendah jika diukur dari standar pertumbuhan anak yang ditetapkan oleh WHO.
ADVERTISEMENT
Menurut WHO, stunting tidak dapat diperbaiki akibat kurangnya nutrisi serta adanya infeksi yang berulang selama 1000 hari pertama kehidupan anak. Tak hanya itu, stunting memiliki efek jangka panjang pada individu antara lain penurunan perkembangan kognitif dan fisik, penurunan kapasitas produktif dan kesehatan yang buruk, serta peningkatan risiko penyakit degeneratif seperti diabetes.

Menurut WHO, Jika Tak Diatasi Angka Stunting Terus Bertambah

WHO menyebutkan jika situasi stunting secara global tak segera teratasi, maka bisa jadi sebanyak 127 juta anak terkena stunting pada tahun 2025, sehingga diperlukan adanya tindak lanjut yang cukup serius.
Melansir dari situs WHO, badan kesehatan dunia tersebut telah menargetkan untuk bisa mengurangi angka stunting menjadi 100 juta. Stunting menurut WHO bisa dicegah dengan langkah-langkah yang telah diterapkan berikut ini:
ADVERTISEMENT
  • meningkatkan identifikasi, pengukuran dan pemahaman tentang bahaya stunting dan peningkatan cakupan kegiatan pencegahan stunting;
  • memberlakukan kebijakan dan / atau memperkuat intervensi untuk meningkatkan gizi dan kesehatan ibu, dimulai dengan gadis remaja
  • menerapkan intervensi untuk peningkatan eksklusif praktik menyusui dan makanan pendamping bagi ibu yang baru melahirkan
  • memperkuat intervensi berbasis komunitas, termasuk peningkatan kualitas air, sanitasi dan kebersihan (WASH), untuk melindungi anak-anak dari penyakit diare dan malaria, cacingan dan penyebab lingkungan kurang higienis.
Demikian adalah ulasan mengenai permasalahan stunting menurut WHO dan cara pencegahannya. Semoga bermanfaat! (Adelliarosa)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white