Woman
·
11 Januari 2021 9:51

Taaruf adalah Adab dan Tata Cara Berkenalan Secara Islam

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Taaruf adalah Adab dan Tata Cara Berkenalan Secara Islam (19492)
Taaruf sumber foto: Taaruf Com
Taaruf adalah adab dan tata cara perkenalan sesuai syariah Islam yang dianjurkan bagi seorang muslim sebelum menuju jenjang pernikahan. Biasanya, setelah itu dilanjutkan dengan proses lamaran atau khitbah.
ADVERTISEMENT
Bagi umat muslim khususnya yang laki-laki dan belum menikah, yang tidak ingin berpacaran karena dalam agama Islam, termasuk hal yang dilarang dilakukan, bisa melakukan taaruf dengan berkunjung ke rumah perempuan yang dikenalkan kepadanya.
Tentunya, proses berkunjung tersebut ada adab dan tata caranya sesuai yang dianjurkan dalam agama. Adab ini diperlukan agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan setelahnya.

Tata Cara dan Adab Taaruf

Berikut ini adalah tata cara taaruf yang sesuai Islam, untuk menemukan pasangan atau jodoh terbaik.
  • Mendaftarkan atau mengajukan diri melalui mahram calon atau lembaga yang menjadi media perantara untuk proses taaruf. Hal ini bisa dilakukan dengan bertukar CV antar yang ingin berkenalan.
  • Setelah itu diadakan pertemuan antar calon pasangan, yang tentunya harus didampingi oleh mahram atau perantara.
  • Setelah bertemu, proses selanjutnya adalah menentukan sikap. Kedua calon pasangan yang bertaaruf harus memberikan jawaban mengenai kelanjutan proses taaruf, apakah dilanjutkan ke jenjang pernikahan atau berhenti.
  • Menikah. Jika kedua pasangan dirasa cocok, maka proses selanjutnya adalah menyegerakan pernikahan. Ini dilakukan dengan diawali proses khitbah atau lamaran dan kemudian menikah.
Taaruf adalah Adab dan Tata Cara Berkenalan Secara Islam (19493)
sumber foto: Umroh Com
Ada pun adab yang harus diperhatikan dalam proses taaruf, sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
  • Saat melakukan taaruf, calon pasangan tidak diperkenankan untuk berdua-duaan, bercengkrama tanpa mahram, baik secara langsung maupun melalui media lainnya.
  • Boleh melakukan Nadzar atau datang ke rumah calon pengantin untuk melihat wajah atau rupanya dengan langsung menghadap wali atau orangtuanya.
  • Diperbolehkan memberikan hadiah sebelum pernikahan. Jika berlanjut menikah, hadiah menjadi hak pengantin wanita. Jika nikah dibatalkan, hadiah boleh dikembalikan
Demikianlah, Islam telah mengatur hal-hal yang baik dalam proses menemukan jodoh. Taaruf adalah hal berkenalan yang telah ditetapkan bagi pemeluk agama Islam.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white