Tata Cara Penyembelihan Hewan secara Mekanik sesuai Ajaran Islam

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
23 Oktober 2023 18:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Penyembelihan Hewan secara Mekanik sesuai Ajaran Islam, sumber: unsplash/GillesDetot
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Penyembelihan Hewan secara Mekanik sesuai Ajaran Islam, sumber: unsplash/GillesDetot
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara penyembelihan hewan secara mekanik sesuai ajaran Islam perlu dipahami oleh setiap Muslim. Seperti yang diketahui, Islam telah mengatur metode penyembelihan hewan, mulai dari sapi, kambing, kerbau, hingga ayam.
ADVERTISEMENT
Mayoritas Muslim telah memahami cara penyembelihan dengan manual karena telah dilakukan sejak lama. Lalu, bagaimana cara penyembelihan hewan secara mekanik yang benar dan sesuai syariat?

Hukum Penyembelihan Hewan secara Mekanik sesuai Ajaran Islam

Ilustrasi Cara Penyembelihan Hewan secara Mekanik sesuai Ajaran Islam, sumber: unsplash/DorukYamenici
Cara penyembelihan hewan secara mekanik sesuai ajaran Islam perlu diketahui karena agama ini mengajarkan umatnya untuk mengonsumsi makanan halal. Segala jenis hewan yang halal, kecuali ikan dan belalang wajib disembelih sebelum dikonsumsi dagingnya.
Adapun hewan yang mati tanpa disembelih tergolong sebagai bangkai, sehingga haram untuk dimakan. Sementara itu, proses penyembelihan hewan di masa kini tidak hanya menggunakan pisau saja, melainkan juga menerapkan cara mekanik. Tujuannya agar proses penyembelihan menjadi lebih cepat dan efisien.
Karena itu, penting sekali menggunakan pisau yang benar-benar tajam agar hewan yang disembelih bisa segera mati. Penyembelih hewan tidak diperkenankan untuk mengasah pisau di hadapan hewan yang hendak disembelih karena akan menimbulkan ketakutan yang mendalam pada hewan. Hal ini sesuai hadist berikut:
ADVERTISEMENT
“Rasulullah SAW memerintahkan untuk mengasah pisau tanpa memperlihatkannya pada hewan.” (HR. Ahmad)

Cara Penyembelihan Hewan secara Mekanik sesuai Ajaran Islam

Ilustrasi Cara Penyembelihan Hewan secara Mekanik sesuai Ajaran Islam, sumber: unsplash/BaileyMahon
Mengutip buku Fiqh Ibadah oleh Zaenal Abidin (2020), menyembelih hewan dengan cara Islam adalah metode mematikan hewan dengan cara memotong saluran napas, saluran makan,dan urat nadi utama pada lehernya.
Cara ini dilakukan agar binatang yang disembelih tidak merasa kesakitan. Agar daging hewan yang disembelih secara mekanik tetap halal, ikuti cara penyembelihan berikut ini:
ADVERTISEMENT
Cara penyembelihan hewan secara mekanik sesuai ajaran Islam yang disebutkan di atas bisa dijadikan panduan bagi operator mesin penyembelih. Dengan begitu, hewan yang disembelih bisa halal dikonsumsi oleh umat Muslim. (DLA)