Tata Cara Shalat Hajat, Niat, serta Bacaan Doa

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
4 April 2024 20:49 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tata cara shalat hajat. Foto: Unsplash/Utsman Media
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tata cara shalat hajat. Foto: Unsplash/Utsman Media
ADVERTISEMENT
Saat memiliki sebuah keinginan, umat Islam dianjurkan untuk banyak berdoa kepada Allah Swt. Salah satu cara memanjatkan doa melalui salat hajat. Maka dari itu, mengetahui tata cara shalat hajat adalah sebuah keharusan sebelum melaksanakannya.
ADVERTISEMENT
Selain tata cara, niat salat hajat dan bacaan doa juga perlu diketahui. Tujuannya agar apa yang diinginkan segera dikabulkan Allah Swt.

Tata Cara Shalat Hajat

Ilustrasi tata cara shalat hajat. Foto: Pexels/Michael Burrows
Hajat berasal dari bahasa Arab yang artinya keinginan atau kehendak. Salat hajat sendiri adalah salah satu amalan yang disunahkan dalam agama Islam untuk meminta suatu keinginan. Hal ini didasarkan sebuah hadis dari Utsman bin Hunaif:
Seorang buta datang kepada Nabi lalu mengatakan, "Berdoalah engkau kepada Allah untukku agar menyembuhkanku." Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam mengatakan, "Apabila engkau mau, aku akan menundanya untukmu (di akhirat) dan itu lebih baik. Namun, apabila engkau mau, aku akan mendoakanmu." Orang itu pun mengatakan, "Doakanlah." Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam lalu menyuruhnya untuk berwudhu dan memperbagus wudhunya serta shalat dua rakaat kemudian berdoa dengan doa ini, "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dan menghadap kepada-Mu dengan Muhammad Nabiyurrahmah. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku menghadap kepada Rabbku denganmu dalam kebutuhanku ini agar ditunaikan. Ya Allah, terimalah syafaatnya untukku." (HR. Ibnu Majah no. 1385 dan Tirmidzi no. 3578)
ADVERTISEMENT
Adapun tata cara shalat hajat yang yakni:

Bacaan Niat Shalat Hajat

Ilustrasi baca niat shalat hajat. Foto: Pexels/Michael Burrows
Setiap amalan tergantung dengan niat. Hal ini juga berlaku dengan salat hajat. Adapun bacaan niat untuk melaksanakan salat hajat yakni:
اُصَلِّى سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى
Ushallii sunnatal haajati rak'ataini lillahi ta'ala
Artinya: "Aku berniat salat hajat sunnah hajat dua rakaat karena Allah Ta'ala"

Doa Shalat Hajat

Ilustrasi doa sholat hajat. Foto: Pexels/Alena Darmel
Adapun doa yang dibaca setelah melaksanakan salat hajat yang dikutip dari laman lampung.nu.or.id, yakni:
لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الحَلِيْمُ الكَرِيْمُ ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْم ، الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ ، أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ ، لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
ADVERTISEMENT
La ilaha illallahul halimul karim. Subhanallahi rabbil ‘arsyil karimil ‘azhim. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin. As’aluka mujibati rahmatik, wa ‘aza’ima maghfiratik, wal ghanimata min kulli birrin, was salamata min kulli itsmin. La tada‘ li dzanban illa ghafartah, wa la hamman illa farrajtah, wa la hajatan hiya laka ridhan illa qadhaitaha ya arhamar rahimin
Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih.”
ADVERTISEMENT
Demikianlah penjelasan singkat tentang tata cara shalat hajat, niat, serta bacaan doa. Semoga dari informasi di atas dapat menjadi panduan untuk melaksanakan salat sunah ini agar keinginan segera dikabulkan Allah Swt.(MZM)