Teknik Mengambil Napas dalam Renang Gaya Bebas dan Gaya Katak

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
4 Maret 2024 17:09 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Teknik Mengambil Napas dalam Renang. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Todd Quackenbush
zoom-in-whitePerbesar
Teknik Mengambil Napas dalam Renang. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Todd Quackenbush
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Renang adalah olahraga yang baik untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Namun, untuk bisa berenang dengan baik dan nyaman, perlu menguasai teknik mengambil napas dalam renang yang benar.
ADVERTISEMENT
Teknik mengambil napas tergantung pada gaya renang yang digunakan, misalnya gaya bebas atau gaya katak. Teknik mengambil napasnya terdapat perbedaan yang cukup signifikan.

Teknik Mengambil Napas yang Benar

Teknik Mengambil Napas dalam Renang. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Pete Wright
Dikutip dari Buku Ajar Renang, Fahreza Setyawan dkk., (2022) teknik mengambil napas yang salah bisa menyebabkan kehabisan oksigen, merasa lelah, atau bahkan cedera. Berikut ini adalah pembahasan mengenai teknik mengambil napas dalam renang yang benar.

1. Gaya Bebas

Renang gaya bebas adalah gaya renang yang paling cepat dan fleksibel. Dalam renang gaya bebas bisa mengambil napas kapan saja, asalkan sesuai dengan irama gerakan tangan dan kaki.
Caranya bisa mengambil napas ke samping. Cara ini adalah cara yang paling sering digunakan oleh para perenang profesional dan pemula. Tekniknya adalah dengan memutar kepala ke samping saat salah satu tangan sedang berada di depan tubuh.
ADVERTISEMENT
Lalu menghirup udara secepat mungkin sebelum memutar kepala kembali ke posisi awal. Perenang bisa memilih untuk mengambil napas ke samping kanan atau kiri, atau bergantian antara keduanya.
Keuntungan cara ini adalah bisa mengambil napas lebih sering dan lebih stabil. Namun, kekurangannya adalah harus memastikan bahwa mulut tidak terendam air saat mengambil napas, dan harus menyesuaikan posisi tubuh agar tidak miring atau berputar.

2. Gaya Katak

Renang gaya katak adalah gaya renang yang paling lambat dan elegan. Dalam renang gaya katak, harus mengambil napas setiap kali gerakan tangan selesai, yaitu saat kedua tangan berada di depan dada.
Cara mengambil napas dalam renang gaya katak adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
Keuntungan teknik mengambil napas dalam renang gaya katak adalah bisa mengambil napas dengan mudah dan teratur. Namun, kekurangannya adalah harus menjaga agar kepala tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah saat mengambil napas.
Demikianlah penjelasan tentang teknik mengambil napas dalam renang gaya bebas dan gaya katak. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang ingin belajar atau meningkatkan kemampuan berenang. (WWN)