Teknik Pukulan Smash pada Permainan Bulu Tangkis

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
15 Mei 2024 19:21 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi jelaskan teknik pukulan smash pada permainan bulu tangkis. Sumber: Pexels/Vlad Vasnetsov
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jelaskan teknik pukulan smash pada permainan bulu tangkis. Sumber: Pexels/Vlad Vasnetsov
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bulu tangkis adalah cabang olahraga yang mengandalkan pukulan untuk mendapatkan poin atau angka. Dalam permainan ini ada yang dinamakan teknik pukulan smash. Jelaskan teknik pukulan smash pada permainan bulu tangkis!
ADVERTISEMENT
Selain teknik pukulan smash, masih ada beberapa jenis pukulan lainnya. Seorang pemain bulutangkis pemula sebaiknya mengetahui jenis-jenis pukulan ini agar bisa mengaplikasikannya dalam pertandingan.

Jelaskan Teknik Pukulan Smash pada Permainan Bulu Tangkis!

Ilustrasi jelaskan teknik pukulan smash pada permainan bulu tangkis. Sumber: Pexels/Muktasim Azlan
Bulutangkis adalah cabang olahraga populer kedua di Indonesia setelah sepakbola. Olahraga ini memiliki prestasi yang moncer di level dunia. Bahkan, tim bulutangkis Indonesia termasuk tim papan atas.
Banyak pemain bulutangkis Indonesia yang terkenal karena kemampuan smash-nya. Lim Swie King dikenal karena kemampuan jumping smash-nya. Haryanto Arbi dikenal dengan smash 100 watt. Sementara Taufik Hidayat dikenal dengan pukulan backhand smash yang mematikan.
Smash adalah teknik pukulan yang identik dengan pukulan menyerang dan sangat penting untuk dikuasai oleh pemain, baik yang baru belajar maupun pemain profesional. Jelaskan teknik pukulan smash pada permainan bulu tangkis!
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Bulu Tangkis Dasar, Dhedhy Yuliawan (2017: 30), smash merupakan pukulan yang digunakan sebagai senjata untuk mendapatkan nilai. Pukulan ini sifatnya keras dan menukik, sehingga pemain lawan kesulitan saat mengembalikan pukulan.
Gerakan smash memiliki karakteristik yang keras, tajam, cepat, dan mematikan sehingga sangat diperlukan penguasaan yang sempurna. Smash adalah pukulan atas (overhead) yang diarahkan ke bawah dan dilakukan dengan tenaga penuh.
Ketika seorang pemain melakukan pukulan smash, ia memerlukan kekuatan otot tungkai, bahu, lengan, fleksibilitas pergelangan tangan, dan koordinasi gerak tubuh yang harmonis. Pukulan smash dapat dilakukan dalam posisi diam/berdiri atau sembari melompat (jumping smash).
Pukulan smash dapat berbentuk:
ADVERTISEMENT
Kini, apabila diminta untuk jelaskan teknik pukulan smash pada permainan bulu tangkis, penjelasan di atas dapat dijadikan jawaban. Smash adalah pukulan yang keras dan menukik yang akan mematikan lawan. (SASH)