Tiga Contoh Senjata Tradisional yang Berasal dari Jawa Timur yang Ikonik

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
3 Februari 2024 18:59 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tiga contoh senjata tradisional yang berasal dari Jawa Timur. Foto: Pexels/Ihsan Adityawarman
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tiga contoh senjata tradisional yang berasal dari Jawa Timur. Foto: Pexels/Ihsan Adityawarman
ADVERTISEMENT
Indonesia kaya keragaman budaya, salah satunya adalah senjata tradisional. Jawa Timur memiliki beragam senjata tradisional yang bersejarah. Seperti pertanyaan sebutkan tiga contoh senjata tradisional yang berasal dari Jawa Timur.
ADVERTISEMENT
Ketiga senjata tradisional dari Jawa Timur tersebut begitu terkenal hingga saat ini. Sebab, senjata tradisional menjadi alat pertahanan dari serangan musuh hingga identitas masyarakat .

Tiga Contoh Senjata Tradisional dari Jawa Timur

Ilustrasi tiga contoh senjata tradisional yang berasal dari Jawa Timur. Foto: Unsplash/Kevin Zhang
Penjelasan dari pertanyaan sebutkan tiga contoh senjata tradisional yang berasal dari Jawa Timur yang dikutip dari buku Asal Usul Orang Jawa: Menelusuri Jejak-Jejak Genealogis dan Historis Orang Jawa oleh Fery Taufiq El-Jaquene (2019), yakni:

1. Keris

Keris merupakan senjata tradisional dari Jawa Timur dan Jawa Tengah yang memiliki bentuk bergelombang atau bergerigi dengan kedua sisinya tajam dan ujung lancip. Keris sendiri terdiri dari 3 bagian, yaitu bilah (pisau), hulu (gagang keris), dan warangka (sarung keris).
Pada masa lalu, keris berfungsi sebagai senjata duel atau peperangan sekaligus sebagai perlengkapan sesajen. Meski demikian, keris zaman sekarang sebagai aksesoris dalam berbusana atau koleksi.
ADVERTISEMENT

2. Buding

Senjata tradisional ini merupakan senjata yang berasal dari kabupaten terbesar di Pulau Jawa, yakni Banyuwangi, Osing, suku terbesar di Banyuwangi masih menggunakan buding sebagai senjata dan alat pertanian hingga hari ini.
Buding memiliki bentuk yang serupa dengan pisau atau golok. Perbedaannya terletak pada bentuk buding yang lurus dan sedikit memanjang hingga 46 cm. Selain itu, buding juga dilengkapi dengan gagang berbahan dasar kayu serta sarung kulit sebagai perlindungan.

3. Celurit

Celurit dikenal luas oleh masyarakat yang bermukim di wilayah Jawa Timur, terutama Madura. Berbentuk bulan sabit dan memiliki gagang cukup panjang. Celurit digunakan oleh masyarakat setempat sebagai alat bertani dan bercocok tanam.
Kisah dibalik kemunculan celurit sendiri diyakini berasal dari legenda populer Madura tentang seorang pria bernama Sakerah. Sakerah merupakan pejuang dari masa kolonial Belanda yang dikenal selalu membawa senjata berbentuk sabit kemana pun ia pergi.
ADVERTISEMENT
Senjata khas Sakerah itu pun kemudian dikenal luas dengan sebutan celurit, yang kini terbagi menjadi dua jenis; celurit kembang turi dan celurit wulu pitik.
Dari penjelasan tentang sebutkan tiga contoh senjata tradisional yang berasal dari Jawa Timur di atas, dapat diketahui bahwa begitu banyak kebudayaan di Indonesia. Sehingga, kebudayaan-kebudayaan tersebut perlu dijaga dan dikenalkan kepada generasi muda.(MZM)