Tips dan Teknik Memasuki Garis Finis yang Benar dalam Lomba Lari

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
16 Desember 2022 19:41 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
https://www.pexels.com/id-id/@runffwpu/ - teknik memasuki garis finis yang benar adalah
zoom-in-whitePerbesar
https://www.pexels.com/id-id/@runffwpu/ - teknik memasuki garis finis yang benar adalah
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Saat mengikuti perlombaan lari, tujuan utama Anda pastilah garis finis. Namun, perlu Anda ketahui bahwa ternyata ada tips dan teknik tersendiri yang perlu dilakukan saat sudah mendekati atau akan memasuki garis finis. Teknik memasuki garis finis yang benar adalah dengan melakukan beberapa hal yang akan dijelaskan berikut ini.
ADVERTISEMENT

Teknik Memasuki Garis Finis yang Benar

Mengutip dari buku Pendidikan Jasmani, Irwansyah, Grafindo Media Pratama, ada beberapa teknik dalam memasuki garis finis dalam lomba lari. Salah satu teknik memasuki garis finis yang benar adalah dengan mempertahankan sikap dan posisi dalam berlari.
Ilustrasi tips dan teknik memasuki garis finis dalam lomba lari. sumber foto : pexels.com
Beberapa teknik memasuki garis finis lainnya antara lain adalah:
Dengan secara cermat mempraktikkan teknik tersebut, bisa dipastikan posisi berlari Anda akan konsisten sampai ke garis finis.
ADVERTISEMENT

3 Teknik Memasuki Garis Finis yang Benar

Secara khusus, teknik memasuki garis finis yang benar adalah digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu:
1. Teknik Finis dengan Memutar Badan
Pada perlombaan lari, saat akan memasuki garis finis, banyak pelari yang menggunakan teknik ini, yaitu dengan melakukan gerakan memutar salah satu bahu. Biasanya teknik ini dilakukan saat menghadapi persaingan dalam perlombaan yang berlangung ketat.
2. Teknik Finis dengan Membusungkan Dada
Berikutnya, teknik memasuki garis finis dengan benar adalah dengan cara mendahulukan dada. Membusungkan dada dilakukan dengan tujuan agar bisa lebih dulu menyentuh garis finis. Namun, menggunakan teknik ini harus diimbangi dengan gerakan tangan yang menjulur ke depan atas.
3. Teknik Memasuki Finis dengan Terus Berlari
ADVERTISEMENT
Inilah teknik yang terakhir, yaitu dengan terus berlari. Tidak heran bila teknik ini dianggap sebagai teknik paling mudah dalam memasuki garis finis, karena bisa Anda lakukan saat di posisi Anda tidak terlalu berdekatan dengan lawan yang ada di belakang. Jadi, Anda bisa jauh leluasa dalam bergerak dan konstan berlari.
Demikian penjelasan mengenai teknik memasuki garis finis yang benar adalah dengan mengetahui tips yang benar. Selamat mencoba. (DNR)