Tokoh Organisasi Budi Utomo dan Peranannya menurut Sejarah

Konten dari Pengguna
31 Agustus 2022 17:10
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tokoh Organisasi Budi Utomo, sumber foto: (Alfond Morales) by unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tokoh Organisasi Budi Utomo, sumber foto: (Alfond Morales) by unsplash.com
ADVERTISEMENT
Tokoh organisasi Budi Utomo adalah tokoh yang memiliki peran besar atas terbentuknya organisasi bersejarah tersebut. Budi Utomo diciptakan oleh beberapa mahasiswa School tot Opleiding van Indische Artsen atau yang lebih akrab disebut dengan STOVIA. Organisasi ini mulai berdiri di Jakarta pada tanggal 20 Mei 1908. Pembentukan organisasi ini dilandasi karena dr. Wahidin Soedirohusodo yang sering mengelilingi kota-kota besar di Pulau Jawa untuk mengkampanyekan isu bantuan biaya sekolah bagi pelajar pribumi yang berprestasi. Lalu, siapa saja tokoh yang memiliki andil besar dalam organisasi tersebut? Simak penjelasannya di artikel ini.
ADVERTISEMENT

Tokoh Pendiri Budi Utomo

Inilah tokoh pendiri organisasi Budi Utomo beserta peranannya:

1. Dokter Wahidin Sudirohusodo

Mengutip buku Dasar-dasar Ilmu Budaya: Deskripsi Kepribadian Bangsa Indonesia oleh Isma Tantawi (2019), Wahidin merupakan salah satu pendiri organisasi Budi Utomo lulusan STOVIA dan melanjutkan karirnya sebagai dokter. Wahidin merupakan orang yang memberi saran kepada Sutomo untuk mendirikan organisasi ini.

2. Dr Sutomo

Ilustrasi Tokoh Organisasi Budi Utomo, sumber foto: (Mufid Majnun) by unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tokoh Organisasi Budi Utomo, sumber foto: (Mufid Majnun) by unsplash.com
Dokter Sutomo merupakan pendiri organisasi Budi Utomo yang lahir di Nganjuk, 30 Juli 1888. Sutomo merupakan dokter yang aktif di bidang politik untuk memperjuangkan hak-hak rakyat.
Usai memperoleh saran dari Wahidin Sudirohusodo untuk mendirikan organisasi Budi Utomo, Sutomo akhirnya berhasil mewujudkan organisasi tersebut bersama rekan-rekan lainnya

3. Soeraji

Soeradji merupakan salah satu pelajar di STOVIA yang sangat cerdas. Peran Soeraji adalah aktif mewadahi aspirasi dan keluhan masyarakat, terutama masyarakat yang berasal dari Jawa. Mengingat, Soeraji adalah tokoh pendiri Budi Utomo yang paling mahir berbahasa Jawa. Selain itu, Soeraji juga turut andil dalam memberikan nama Budi Utomo.
ADVERTISEMENT

4. Goenawan Mangkubuwono

Gunawan Mangunkusumo merupakan pendiri Budi Utomo sekaligus menjadi tokoh yang bersahabat dekat dengan dokter Sutomo. Menurut sejarah yang tercatat, Gunawan Mangunkusumo berperan sebagai sekretaris di organisasi ini. Beliau adalah orang yang aktif menjadi lokomotif perubahan sekaligus motivator yang menginspirasi.
Itulah pemaparan singkat mengenai tokoh Budi Utomo dan perannya dalam menjalankan organisasi tersebut. Namun, organisasi Budi Utomo tidak bertahan lama karena kurang mendapat dukungan dari masyarakat umum dan dari segi politik dianggap sebagai ancaman bagi para bangsawan yang memiliki birokrasi dengan Belanda. (DLA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·