Tujuan Kewirausahaan Kerajinan Inspirasi Budaya Lokal

Konten dari Pengguna
26 Februari 2023 17:14
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi salah satu tujuan kewirausahaan kerajinan inspirasi budaya lokal, sumber: Pixabay/Joko Narimo
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi salah satu tujuan kewirausahaan kerajinan inspirasi budaya lokal, sumber: Pixabay/Joko Narimo
Salah satu tujuan kewirausahaan kerajinan inspirasi budaya lokal yaitu agar dapat melestarikan budaya daerah dan kearifan lokal. Simak ulasannya dalam artikel Berita Terkini kali ini.
Nurfiani Sri Hattari, S.Pd dalam Modul Pembelajaran SMA Prakarya dan Kewirausahaan (2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN), menyatakan bangsa Indonesia sangat kaya dengan budaya tradisional yang merupakan adat istiadat yang berlaku pada setiap kelompok etnik atau suku bangsa.
Ilustrasi seni tradisional daerah, sumber Pixaba: masbebet christianto
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi seni tradisional daerah, sumber Pixaba: masbebet christianto

Pengertian dan Tujuan Kewirausahaan Kerajinan Inspirasi Budaya Lokal

Budaya adalah suatu bentuk dari cara hidup yang akan berkembang dan juga akan dimiliki secara bersama ke suatu kelompok orang, kemudian diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya.
Bangsa Indonesia memiliki budaya tradisional yang beragam sehingga mampu memberikan inspirasi dan peluang usaha bagi kerajinan lokal yang dimiliki masing – masing daerah (Hendriana Werdhaningsih, 2017). Setiap daerah diharapkan dapat mengembangkan kerajinan khas daerah yang unik karena mendapatkan inspirasi dari budaya tradisi daerahnya masing-masing. Kekayaan budaya tradisi Indonesia adalah kearifan lokal (local genius) yang dapat menjadi sumber inspirasi yang tidak ada habisnya.
Perlu dipahami bahwa kewirausahaan kerajinan dengan inspirasi budaya lokal dapat dimulai dengan melihat potensi bahan baku (Material), keterampilan produksi (Man & Machine) dan budaya lokal yang ada di daerah setempat. Wirausaha kerajinan dengan inspirasi budaya akan menawarkan karya-karya kerajinan inovatif kepada pasaran.
Beberapa contoh dari wirausaha kerajinan yang terinpirasi dari budaya lokal adalah:
  1. Wayang. Di Pulau Jawa, kerajinan wayang menjadi salah satu seni karya, yang banyak digunakan dalam kegiatan seni seperti tari dan pagelaran wayang.
  2. Batik.
  3. Ukiran dan pahatan kayu
  4. Gerabah.
  5. Perak
  6. Batik, Songket, Tapis, Ulos, dan beberapa pakaian tradisional dari daerah-daerah di Indonesia juga menjadi kerajinan wirausaha yang terinpirasi dari budaya lokal.
Dari ulasan di atas, disimpulkan bahwa tujuan kewirausahaan kerajinan inspirasi budaya lokal yaitu agar kegiatan kewirausahaan ini dapat melestarikan budaya daerah dan kearifan lokal dan diwariskan kepada generasi selanjutnya.(SR)