Tulisan Arab Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh dan Hukum Jawab Salam

Konten dari Pengguna
17 Agustus 2021 15:16
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tulisan Arab Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh dan Hukum Jawab Salam (15270)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi saling salam dalam Islam, sumber foto: https://www.pexels.com/
ADVERTISEMENT
Saling menyapa atau salam dalam Islam adalah salah satu akhlak sederhana namun sangat dianjurkan untuk dimiliki oleh seorang muslim. Dengan saling salam artinya saling mendoakan satu sama lainnya agar diberikan keselamatan dan keberkahan dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh Allah SWT.
ADVERTISEMENT
Ucapan salam yang sering diucapkan oleh umat Islam yaitu Assalamualaikum. Ucapan ini biasa digunakan untuk menyapa sesama umat muslim di seluruh dunia.
Assalamualaikum juga bisa menjadi kalimat pembuka ketika memulai percakapan, surat atau undangan. Mengucapkan salam menandai adanya sikap saling menghormati sekaligus untuk mendoakan antara sesama Muslim.
Berdasarkan Kitab Al Adzkar kamu bisa mengucapkan salam dengan ucapan Assalamu’alaikum, Assalamu’alaikum Warahmatullah serta Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Ketiga salam tersebut memiliki arti yang berbeda namun pada dasarnya sama-sama mengandung doa yang mendalam. Secara lebih lengkap, berikut adalah tulisan arab assalamualaikum, wasaalamualaikum dan lain-lain beserta hukum jawab salam dalam Islam.

Bagaimana Tulisan Arab Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh?

Tulisan Arab Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh dan Hukum Jawab Salam (15271)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi saling salam dalam Islam, sumber foto: https://www.pexels.com/
Berikut adalah tulisan Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh dalam Bahasa Arab, latin dan arti dari bacaan salam serta jawabannya :
ADVERTISEMENT
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Artinya : Semoga Allah SWT melimpahkan keselamatan, rahmat dan keberkahan untukmu atau semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah padamu.
Jika ingin mengucapkan salam yang lebih ringkas maka kamu cukup katakan Assalamualaikum yang artinya adalah semoga keselamatan terlimpah untukmu. Atau bisa juga dengan mengucapkan Assalamu’alaikum Warahmatullah, artinya yaitu semoga Allah melimpahkan keselamatan dan rahmat-Nya untukmu dan semoga keselamatan dan rahmat Allah terlimpah untukmu.
Sedangkan untuk jawaban dari kalimat assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh adalah sebagai berikut :
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ
Waalaikumsalam
Artinya: "Dan semoga keselamatan terlimpah juga kepada kalian"
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Artinya: "Dan semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah juga kepada kalian."
ADVERTISEMENT

Apa Arti Wassalamualaikum dan Bagaimana Cara Menulisnya?

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh adalah sapaan sekaligus doa dari seorang muslim kepada muslim lain. Kalimat ini biasanya diucapakan ketika akan mengakhiri percakapan, pertemuan, surat, khutbah dalam bahasa Arab, dan lain-lain.
Walaupun kalimat Wassalamualaikum melekat dalam kehidupan sehari-hari, kadang kala masih ditemukan kesalahan dalam cara penulisannya. Sebab jika tulisan Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh dalam Bahasa Arab salah maka akan mengubah makna dari kalimat itu sendiri.
Lantas bagaimana cara menulis kalimat Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh yang benar? Dan apa arti dari kalimat tersebut? Untuk itu mari ketahui jawabannya berikut ini!
وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Artinya :Dan semoga Allah melimpahkan keselamatan, rahmat, dan keberkahan untukmu (kalian) atau dan semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahan terlimpah padamu (kalian).”
ADVERTISEMENT

Hukum Menjawab Salam

Tulisan Arab Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh dan Hukum Jawab Salam (15272)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi salam. Foto: Shutter Stock
Dalam Islam, menjawab salam hukumnya sunnah namun jika ada seorang muslim mendengar salam sangat dianjurkan untuk menjawabnya seperti yang dijelaskan dalam Al-Quran surat An-Nisa ayat 86 yang artinya “Apabila kalian diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik darinya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa).” (QS. An-Nisa: 86)
Dalam tafsir Ibnu Katsir juga dijelaskan jika ada seorang muslim yang mengucapkan salam kepada kalian, maka kita dianjurkan untuk membalas salamnya dengan yang lebih baik darinya atau membalas salam tersebut dengan salam yang sama
Selain itu dikutip dari buku (Doa Anak Kecil) (Republika) (2007: 51) dengan mengucapkan salam kepada sesama akan menumbuhkan rasa kasih sayang seperti yang dijelaskan Dalam sebuah hadis “Kamu tidak akan masuk surga sampai kamu beriman, dan kamu tidak beriman sampai kamu saling mencintai. Maukah kamu aku tunjukkan suatu perbuatan yang bisa membuatmu saling mencintai, yaitu sebarkanlah salam di antara sesamamu.” (HR. Bukhari dan Muslim)
ADVERTISEMENT

Keutamaan Mengucapkan Salam

Tulisan Arab Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh dan Hukum Jawab Salam (15273)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi salam. Foto: pixabay
Berikut adalah beberapa keutamaan mengucapkan salam sebagaimana bersumber dari kitab Tanqihul Qaul karangan Syekh Nawawi Al-Bantani.
  • Dijauhi dari godaan setan
Keutamaan mengucapkan salam yang pertama ialah dijauhkan dari godaan setan. Para ulama setuju bahwa salam merupakan salah satu bagian untuk dzikir kepada Allah SWT.
Dengan demikain, setiap umat Islam yang mengucapkan salam berarti ia sedang berdzikir kepada Allah SWT. Begitupun saat masuk ke dalam rumah atau ruangan tertentu, sebaiknya ucapkan salam terlebih dahulu agar rumah tidak ditempati oleh makhluk tersebut.
Hal tersebut sudah dijelaskan dalam hadist riwayat Imam Muslim. “Saat seseorang masuk rumah dan mengucapkan salam, maka tidak ada tempat setan untuk menginap di rumah tersebut."
  • Mendapat keutamaan dari Allah SWT dan rasul-Nya
ADVERTISEMENT
Nabi SAW bersabda: “Siapa yang memulai salam lebih dahulu maka ia adalah yang lebih utama menurut Allah dan Rasul-Nya”.
  • Menghapuskan dosa
Syekh Abdul Qodir Al-Jailani mengatakan: “Janganlah seorang muslim itu mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari, kecuali kalau saudaranya itu termasuk ahli bid’ah dan kesesatan serta kemaksiatan. Maka disenangi mendiamkan terus-menerus kepada mereka. Dan dengan ucapan salam maka terlepaslah dari dosa mendiamkan seorang muslim."
  • Diampuni segala dosanya oleh Allah SWT
Berdasarkan riwayat hadis hasan oleh Abu Dawud dari Al Barra Bin ‘Azib: "Apabila dua orang Islam berjumpa lalu keduanya berjabat tangan dan memuji kepada Allah saling meminta ampun, maka Allah mengampuni keduanya.
  • Mendapatkan rahmat dari Allah SWT
Nabi SAW bersabda dalam riwayat Al Hakim dan Turmudzi dari Ibnu Umar Radiyallahu anhu (RA): "Apabila dua orang Islam berjabat tangan, Allah SWT menurunkan kepada keduanya seratus rahmat, untuk yang memulai sembilan puluh dan untuk yang berjabat tangan sepuluh."
ADVERTISEMENT
  • Menjadi manusia yang paling dekat dengan Allah SWT
Rasulullah SAW bersabda:
 “Sesungguhnya manusia yang paling dekat dengan Allah adalah orang yang memulai mengucapkan salam”
Demikian pembahasan mengenai tulisan Arab wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh dan hukum menjawab salam bagi seorang muslim. (WWN dan ZHR)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020