Ulasan tentang Manfaat Mineral Tambang dan Contohnya bagi Kehidupan

Konten dari Pengguna
17 Maret 2023 19:49
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Sebutkan manfaat mineral tambang dan berikan contohnya! (Foto: Dominik Vanyi | Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sebutkan manfaat mineral tambang dan berikan contohnya! (Foto: Dominik Vanyi | Unsplash.com)
Sebutkan manfaat mineral tambang dan berikan contohnya bagi kehidupan! Apakah kamu pernah mendengar kata tambang? Pasti kata ini sudah tidak asing lagi didengar ya. Terlebih lagi, tambang memiliki manfaat bagi kehidupan manusia.
Namun, tahukah kamu apa itu tambang? Apa saja benda-benda yang dapat kita temui di dalam tambang? Artikel ini akan membahas secara sederhana mengenai tambang dan juga manfaat dari mineral tambang. Simak terus ya!

Mengenal Tambang

Ilustrasi Sebutkan manfaat mineral tambang dan berikan contohnya! (Foto: Dominik Vanyi  | Unsplash.com).
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sebutkan manfaat mineral tambang dan berikan contohnya! (Foto: Dominik Vanyi | Unsplash.com).
Apakah kamu tahu definisi pertambangan? Pertambangan merupakan kegiatan pemanfaatan berbagai barang tambang yang ada di dalam. Kegiatan-kegiatan pertambangan meliputi penggalian,pengolahan, hingga penjualan bahan-bahan tambang termasuk mineralnya.
Mengutip buku dengan judul 100 Anak Tambang Indonesia karya Alwahono, dkk (2021), industri pertambangan pula yang membantu 7,8 miliar penduduk bumi mengembangkan peradabannya di planet ini.
Barang-barang tambang tersebut tentunya memiliki kegunaannya masing-masing. Salah satu contohnya adalah besi. Besi merupakan barang tambang yang memiliki kegunaan sebagai bahan dasar dari berbagai macam jenis barang atau alat rumah tangga.

Manfaat Mineral Tambang dan Contohnya bagi Kehidupan

Seperti yang kita ketahui, terdapat manfaat dari berbagai barang-barang tambang. Maka dari itu, setiap jenis barang tambang dibagi menjadi beberapa kelompok. Kelompok tersebut dibagi berdasarkan manfaat, cara terbentuk, bahan asal, hingga manfaatnya. Berikut penjelasannya.

1. Berdasarkan Manfaat

Jika berdasarkan manfaat atau kegunaanya, barang-barang tambang dapat dikelompokkan menjadi tiga golongan, yaitu a, b, dan c. golongan a adalah bahan galian yang dapat digunakan untuk keamanan pertahanan, dan perekonomian negara. Contohnya adalah gas alam, minyak bumi, uranium, radium, aspal, nikel, dan sebagainya.
Sementara golongan b dapat diartikan sebagai bahan galian yang dapat menjadi hajat hidup banyak orang. Contohnya adalah tembaga, beryllium, timbal, seng, barit, emas, platina, perak, air raksa, dan sebagainya.
Berbeda dengan golongan a dan b, golongan c contohnya adalah batu permata, pasir kuarsa, gips, bentonite, batu apung, tawas, leusit, yarosit, dan sebagainya.

2. Berdasarkan Bentuk

Sementara jika dikelompokkan berdasarkan bentuknya, bahan tambang terbagi menjadi bahan tambang energi, bahan tambang mineral logam, dan non logam. Manfaat mineral tambang dan contohnya adalah emas, perak, tembaga, timah, nikel, dan besi. Manfaatnya adalah mineral tambang tersebut dapat dijadikan berbagai bahan atau alat untuk menunjang kehidupan.
Nah, itulah manfaat mineral tambang dan contohnya. Sekarang kamu sudah tahukan apa saja mineral tambang? Ternyata ada banyak bahan-bahan atau barang yang dapat diambil dari tambang. Semoga artikel ini dapat menambah wawasanmu ya! (FAR)