5 Alat Gambar Teknik Otomotif dan Fungsinya

Konten dari Pengguna
25 September 2023 17:29 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi alat gambar teknik otomotif, Sumber: Pexels/Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi alat gambar teknik otomotif, Sumber: Pexels/Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam industri otomotif, gambar teknik memiliki peran yang sangat penting dalam proses perancangan, produksi, dan perawatan kendaraan. Untuk membuat dan memahami gambar teknik otomotif lebih baik, tentu perlu mengenal berbagai alat gambar teknik otomotif.
ADVERTISEMENT
Alat-alat tersebut dapat membantu pembuatan sketsa yang detail dan akurat dari kendaraan. Dengan alat ini, gambar teknik otomotif menjadi bagian penting dalam menciptakan kendaraan yang aman, dan inovatif.

Alat Gambar Teknik Otomotif

Ilustrasi alat gambar teknik otomotif, Sumber: Pexels/picjumbo.com
Mengetahui berbagai alat gambar teknik dan penggunaannya seseorang dapat merancang kendaraan yang aman, efisien, dan inovatif. Alat-alat ini juga membantu menciptakan gambar teknik otomotif yang akurat dan efektif.
Inilah 5 alat gambar teknik otomotif dan fungsinya yang dikutip dari buku Gambar Teknik Otomotif Untuk SMK/MAK Kelas X, Fathun, M.Pd., (2020).

1. Pensil Teknik

Pensil teknik adalah alat yang digunakan untuk menggambar sketsa dan detail-detail dalam gambar teknik otomotif. Dengan ketajaman ujung yang dapat diatur, pensil teknik memungkinkan insinyur otomotif untuk membuat garis-garis presisi pada gambar.
ADVERTISEMENT

2. Penggaris

Penggaris merupakan alat yang sangat penting dalam gambar teknik otomotif. Ini digunakan untuk menggambar garis lurus yang tepat, sudut, dan bentuk geometris lainnya. Penggaris yang transparan sering digunakan untuk memastikan presisi dalam menggambar.

3. Jangka Sorong

Jangka sorong adalah alat pengukur presisi yang digunakan dalam gambar teknik otomotif untuk mengukur dimensi komponen dan bagian kendaraan.
Dengan kemampuan pengukuran yang sangat akurat, jangka sorong membantu insinyur otomotif untuk merancang komponen yang pas dengan sempurna.

4. Penghapus Gambar

Penghapus gambar digunakan untuk mengoreksi kesalahan pada gambar teknik otomotif. Ketepatan dan ketelitian sangat penting dalam perancangan kendaraan, dan penghapus gambar membantu insinyur untuk memperbaiki kesalahan tanpa meninggalkan jejak.

5. Set Kotak Pensil Warna

Set kotak pensil warna digunakan untuk memberi kode warna pada gambar teknik otomotif, yang membantu dalam identifikasi dan pemahaman lebih lanjut tentang komponen dan bagian yang digambarkan. Ini membantu dalam komunikasi yang efektif antara anggota tim perancangan.
ADVERTISEMENT
Itulah alat gambar teknik otomotif dan fungsinya yang perlu diketahui untuk menggambar huruf dan angka. Dengan informasi tersebut, pemahaman tentang alat-alat ini akan terus menjadi aset berharga dalam industri otomotif. (RIZ)